Jumat 02 Sep 2022 22:50 WIB

Lima Tanda Anda Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi yang tidak dibuat secara alami di dalam tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Pendarahan atau sariawan di mulut. Lima Tanda Anda Kekurangan Vitamin B12
Foto:

3. Menderita Diabetes

Jika Anda mengalami gejala kekurangan vitamin B12, Anda harus mengunjungi penyedia layanan kesehatan Anda dan memeriksakan diri untuk hal yang sama. Sebagian besar orang dewasa yang lebih tua, anak-anak, vegan, vegetarian ketat, mereka yang menderita diabetes memiliki risiko lebih besar terkena defisiensi B12, itulah sebabnya kelompok orang ini harus memprioritaskan skrining rutin.

Dokter akan mengambil sampel darah Anda dan memeriksa apakah Anda memiliki kadar hemoglobin yang lebih rendah dari biasanya dan apakah sel darah merah Anda lebih besar dari biasanya.

4. Kekurangan Nutrisi

Vitamin B12 adalah nutrisi yang tidak dibuat secara alami di dalam tubuh. Sangat penting untuk memiliki makanan yang kaya akan vitamin ini dan beberapa bahkan dapat menggunakan suplemen, seperti yang dipandu oleh dokter.

Beberapa sumber terbaik vitamin B12 termasuk daging sapi, ham, unggas, domba, kerang, kepiting, produk susu seperti susu, keju dan yogurt dan telur. Sereal yang diperkaya juga dapat memberi Anda nutrisi penting ini dalam kadar yang cukup.

Mengingat sumber vitamin B12 yang paling kaya adalah produk hewani, vegetarian dan vegan mungkin tidak mendapatkan cukup dari makanan. Namun, makanan seperti bayam, bit, buncis adalah sumber nutrisi vegetarian yang baik. Jika tidak, Anda juga dapat menggunakan suplemen, seperti yang dipandu oleh dokter atau ahli gizi Anda.

5. Kurang Pemeriksaan Rutin

Sementara di satu sisi penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, di sisi lain penting untuk mengawasi keberadaan vitamin dan mineral penting dalam tubuh. Tes medis tepat waktu dapat membantu Anda mengetahui tingkat elemen penting dalam tubuh dan membantu Anda mengimbanginya. Pemeriksaan rutin tidak hanya akan membantu Anda dengan mengidentifikasi elemen yang hilang, tetapi juga dapat mengungkapkan munculnya komplikasi kesehatan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement