Senin 05 Sep 2022 23:40 WIB

Museum Seni Islam Qatar Kembali Dibuka

Pembukaan kembali menampilkan instalasi ulang galeri koleksi permanennya

Museum Seni Keislaman Qatar.
Foto: EPA
Museum Seni Keislaman Qatar.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Museum Seni Islam Qatar akan dibuka kembali pada 5 Oktober setelah perombakan besar-besaran.  Museum yang dibuka pada tahun 2008 itu telah ditutup sejak April 2021.

Pembukaan kembali menampilkan instalasi ulang galeri koleksi permanennya, dikonfigurasi ulang sesuai dengan "tema sejarah dan budaya yang luas, periode dan geografi." Ini juga akan mengeksplorasi tradisi besar kerajinan Islam. Daya tarik lainnya terletak pada lebih dari 1.000 objek, termasuk banyak karya seni yang baru diperoleh dan belum pernah dilihat sebelumnya.

Baca Juga

“Peluncuran kembali melibatkan rehab penuh galeri permanennya, sebuah langkah signifikan yang menata ulang koleksi secara keseluruhan,” kata Julia Gonnella, yang menjadi direktur museum pada tahun 2017, dilansir dari Arab News, Ahad (4/9/2022).

Dikatakan juga akan ada bagian baru tentang Islam di Asia Tenggara dan eksplorasi hubungan antara budaya yang berbeda melalui pameran yang menyoroti perdagangan komoditas dan pertukaran ide di seluruh dunia Islam dan dunia.

Tak lama setelah dibuka kembali, museum akan meresmikan “Baghdad: Eye\'s Delight” (26 Oktober-23 Februari), pameran sementara yang memperkenalkan dan merayakan salah satu kota paling berpengaruh di dunia. Kota dengan sejarah besar saat menjadi ibu kota kota besar Khalifah Abbasiyah (750-1258) dan warisannya pada abad ke-20. Saat itu, kota tersebut menjadi pusat seni, budaya, dan perdagangan yang berkembang pesat.

Gonnella menekankan bahwa pameran ini bukan hanya perayaan kejayaan Abbasiyah di Baghdad. “Sementara kejayaan Abbasiyah memudar, kota itu tetap penting dan semangat warisannya lazim di Baghdad saat ini,” katanya kepada Arab News.

“Meskipun perang, kehancuran, dan kesulitan yang harus dialami kota ini sejak berdirinya, gema warisan Abbasiyah masih terdengar. Untuk alasan ini, pameran ini akan memperkenalkan Baghdad Abbasiyah secara paralel dengan Baghdad abad ke-20, dengan fokus terutama pada periode antara tahun 1940-an dan 1970-an ketika kota itu sekali lagi menjadi tempat yang berkembang secara ekonomi dan budaya dengan perencanaan kota yang intens, perkembangan arsitektur, seni gerakan dan perkembangan penting di sektor pendidikan,\"tambahnya.

Pameran akan menunjukkan artefak dari periode Abbasiyah (sisa-sisa istana Abbasiyah seperti pintu, tekstil dan gelang emas) serta benda-benda perdagangan (tekstil dan keramik kaca) dan manuskrip berharga, seperti salinan penting Alquran dan risalah ilmiah. Ada juga karya seni modern, termasuk dari Dia Azzawi dan Sadiq Al-Fareej, dan lukisan dari Grup Modern Baghdad, termasuk dari Jewad Salim dan foto-foto Latif Al-Ani.

Adapun di antara atraksi baru utama adalah Ruang Damaskus abad ke-19 yang baru dipugar, yang menyoroti aspek kehidupan Ottoman. Butuh tiga tahun untuk merakit kembali dan memperbaikinya.

“Salah satu yang menarik dari perombakan museum adalah interior kayu yang rumit di Ruang Damaskus,” kata Gonnella.

“Kami memasukkan interior abad ke-19 yang baru dipugar dengan indah ini tidak hanya sebagai bagian yang menarik untuk dilihat semua orang, tetapi juga karena mencerminkan dengan baik betapa pentingnya orang-orang di dunia Arab dalam keramahan, menerima tamu, minum kopi dan teh bersama bagian penting dari budaya Islam,\"tambahnya.

Pembukaan kembali museum ini merupakan bagian dari Qatar Creates, sebuah gerakan nasional sepanjang tahun yang bertujuan untuk merayakan keragaman kegiatan budaya di negara tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement