Selasa 06 Sep 2022 08:56 WIB

Masjid Ramah Lingkungan di Kroasia segera Diresmikan

Masjid Ramah Lingkungan di Kroasia segera Diresmikan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid ramah lingkungan di Sisak, Kroasia
Foto: the mayor
Masjid ramah lingkungan di Sisak, Kroasia

IHRAM.CO.ID, SISAK -- Peresmian masjid hijau baru dan pusat Islam di kota Kroasia Sisak dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis, (8/9/2022). Acara resmi akan berlangsung dihadapan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan para diplomat.

Ini akan menjadi fasilitas keagamaan terbesar ketiga bagi umat Islam di negara ini, setelah yang ada di Zagreb dan Rijeka. Masjid ramah lingkungan tersebut akan menjadi yang pertama di wilayah ini.

Baca Juga

Menurut imam Sisak, Alem Crnki, Pembangunan masjid tersebut dianggap bersejarah, karena idenya sudah ada sejak 50 tahun yang lalu dan telah menjadi impian banyak generasi Muslim. Pusat ini diharapkan dapat melayani lebih dari 4.000 orang di daerah itu dari komunitas Muslim yang menelusuri akar resminya hingga 1968.

Islamic center baru akan mencakup area seluas sekitar 2.600 meter persegi. Seperlima dari kompleks akan didedikasikan untuk shalat saja, sedangkan sisanya sekitar 2.000 meter persegi ditujukan untuk semua pengunjung.

Keistimewaan masjid di Sisak yakni efisiensi energinya, itulah sebabnya masjid ini digambarkan sebagai masjid ramah lingkungan pertama di bagian Eropa ini. Pusat ini memiliki pompa panas, panel surya di atap dan pembangkit fotovoltaik 30 kilowatt jam, di atas lampu LED hemat energi.

"(Manusia) mendapatkan semakin banyak peringatan tentang sejauh mana ia adalah musuhnya sendiri dan bagaimana ia akan menghancurkan dirinya sendiri (jika ia tidak memikirkan lingkungan)," kata Crnkic, dilansir dari laman the Mayor pada Selasa (6/9/2022).

Selain area sholat, pusat tersebut memiliki ruang kelas serbaguna yang dirancang untuk siswa agama serta topik lainnya, seperti budaya Islam. Ada juga restoran dengan spesialisasi Islam dan pusat konvensi besar yang dapat menyelenggarakan konferensi antaragama. Kemudian ada juga ruang sofa untuk istirahat dan komunikasi, di mana pengunjung dapat membaca dalam suasana oriental dengan minuman panas.

Pada akhir pekan setelah peresmian, akan ada hari-hari terbuka bagi penduduk dan wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi pusat tersebut. Sementara Kroasia juga memiliki masjid yang lebih kecil di Gunja, yang merupakan yang pertama dan tertua di negara itu, dan pusat Islam yang lebih kecil di Umag.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement