Selasa 13 Sep 2022 16:45 WIB

Kasbah, Saksi Perjuangan Umat Islam di Aljazair

Kasbah diibaratkan seperti perahu Nabi Nuh yang dihuni banyak kehidupan.

Lanskap Kasbah Aljir, Aljazair
Foto: middleeaseye.net
Lanskap Kasbah Aljir, Aljazair

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kasbah adalah sebuah benteng bersejarah yang dibangun di atas perbukitan dan menghadap ke laut Mediterania di Aljir, ibu kota Aljazair. Kasbah diibaratkan seperti perahu Nabi Nuh yang dihuni banyak kehidupan.

Seorang pelaut Inggris mengatakan, Kasbah akan tampak seperti layar sebuah kapal jika dilihat dari tengah laut. "Ia (Kasbah) terlihat seperti bagian atas sebuah kapal," ujar pelaut itu seperti dikutip oleh sebuah artikel di laman aramcoworld.

Baca Juga

Saat ini, Kasbah merupakan permukiman kuno yang bersejarah dan padat penduduk di Aljazair. Begitu padatnya, jalan di sana berbentuk seperti labirin dan berundak-undak. Karena itu, seorang pendatang baru harus di dampingi penduduk setempat jika tidak ingin tersesat di dalamnya.

Pada masa penjajahan Prancis, Kasbah adalah tempat persembunyian dan pusat gerakan pejuang Aljazair. Tentara Prancis akan kesulitan mengejar pejuang Aljazair saat me reka bersembunyi di dalam Kasbah.

Pengembara abad ke-16, Leo Africanus mencatat di sana juga terdapat banyak toko roti, sedangkan 600 tahun sebelumnya ahli geografi Ibnu Hawkal memuji air jernih yang mengalir dari air mancur di Kasbah.

 

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement