Pemeliharaan Kiswah Ka’bah Dipusatkan di Sekitar Rukun Yamani

Jumat , 16 Sep 2022, 14:22 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Ani Nursalikah
Kiswah atau penutup Kabah. Pemeliharaan Kiswah Ka’bah Dipusatkan di Sekitar Rukun Yamani
Kiswah atau penutup Kabah. Pemeliharaan Kiswah Ka’bah Dipusatkan di Sekitar Rukun Yamani

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Belum lama ini pekerjaan pemeliharaan dilakukan di Ka’bah Kiswah, Makkah, Arab Saudi. Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, yang diwakili oleh Kompleks Raja Abdulaziz untuk Pembuatan Ka'bah Kiswah dan Administrasi Umum untuk Pemeliharaan Kiswah dipusatkan pada kain di sekitar Rukun Yamani.

 

Terkait

Wakil Sekjen Kompleks Ka'bah Kiswah Amjad bin Ayed Al-Hazmi mengatakan perbaikan tersebut merupakan bagian dari perawatan dan pemeliharaan Ka'bah Kiswah sepanjang tahun. Kiswah dihiasi dengan ayat-ayat Alquran yang disulam ke kain dengan 120 kilogram benang emas 21 karat dan 100 kilogram benang perak.

Baca Juga

Dilansir Arab News, Jumat (16/9/2022), Kiswah saat ini dipasang di Ka'bah pada tahun baru Islam 1 Muharram 1444 yang bertepatan dengan 30 Juli dalam kalender Gregorian. Kiswah diganti setiap tahun dalam tradisi yang diamati selama berabad-abad.

Biaya pembuatan Kiswa seberat 850 kilogram baru diperkirakan menelan biaya 25 juta riyal Saudi atau lebih dari 6,5 juta dolar AS. Ini menjadikannya penutup paling mahal di dunia.

Dikutip Bol News, proses pemeliharaan dilakukan karena datangnya jamaah. Para pengrajin dan ahli pabrik Kiswah berpartisipasi selama proses pemeliharaan. Menurut administrasi Haramain Syarifain, pekerjaan tersebut dilakukan berkali-kali dalam setahun. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini