Jumat 16 Sep 2022 19:52 WIB

Adab Cermin Akhlakul Karimah

Dengan adab melahirkan kesucian.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Takwa (ilustrasi).
Foto: alifmusic.net
Takwa (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pakar tafsir Alquran yang juga Kepala Lajnah Pentashih Mushaf Al Quran Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, KH Muchlis M Hanafi mengatakan ada dua pesan kuat yang disampaikan Imam Nawawi dalam kitab At Tibyan fi Adabi Hamalatil Quran.

Pertama, pentingnya akhlak dalam segala hal terutama dalam menuntut ilmu. Kiai Muchlis mengatakan adab adalah bagian dari akhlak. Sementara akhlak adalah buah dari akidah dan amaliyah seorang Muslim.

Baca Juga

"Salah satu cerminan dari akhlakul karimah adalah adab. Ini ditekankan ulama bagi siapapun yang ingin mempelajari ilmu harus mengutamakan adab. Dengan adab melahirkan kesucian. Adab itulah yang akan melahirkan keikhlasan. Kesucian itulah yang akan melahirkan kebesaran," kata kiai Muchlis saat mengisi kajian di Masjid Sunda Kelapa beberapa hari lalu.

Kiai Muchlis mengatakan orang yang meraih kebesaran namun tidak diiringi dengan kesucian hati dan adab maka akan tergelincir dalam kehinaan. 

 

Kedua, menjaga dan mengamalkan Alquran. Kiai Muchlis mengatakan kalimat hamalatul quran berarti tak sekedar menghafal atau pun membaca. Melainkan bermakna membawa. Sementara orang yang membawa memiliki konsekuensi harus menjaga, menahan beban yang berpotensi memberatkan. Dalam membawa pun diperlukan adab. 

"Kata hamalatul quran bahwa alquran itu harus ada pada diri kita, hati, pikiran, sikap kita, prilaku kita. Jangan sampai dia hanya ada dalam pikiran kita tapi sikap dan prilaku kita jauh dari Alquran. Jangan sampai hanya kita bawa secara fisik, tapi tidak ada dalam hati dan pikiran kita. Apalagi sikap dan prilaku kita," katanya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement