Arab Saudi Ingin Jadi Pusat Gim dan E-sport Global pada 2030

Jumat , 16 Sep 2022, 20:00 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Ani Nursalikah
Wanita Arab Saudi bermain gim. Arab Saudi Ingin Jadi Pusat Gim dan E-sport Global pada 2030
Wanita Arab Saudi bermain gim. Arab Saudi Ingin Jadi Pusat Gim dan E-sport Global pada 2030

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud meluncurkan strategi nasional untuk gim dan dan e-sports pada Kamis (15/9/2022). Langkah ini disebut menandai awal dari era baru menuju rencana untuk memimpin sektor gim dan membuat Arab Saudi menjadi pusat global untuk sektor ini pada tahun 2030.

 

Terkait

Dilansir dari Riyadh Daily, Kamis (15/9/2022), keputusan ini bertujuan berkontribusi dalam mencapai Visi 2030 untuk mendiversifikasi ekonomi. Termasuk juga menciptakan lapangan kerja baru di berbagai sektor, dan menyediakan hiburan kelas dunia bagi warga, penduduk, dan pengunjung.

Baca Juga

"Strategi Permainan dan Esports Nasional didorong oleh kreativitas dan energi warga dan pemain kami, yang merupakan inti dari strategi tersebut. Kami memenuhi ambisi komunitas gim di Arab Saudi dan di seluruh dunia, dengan karier baru yang menarik, dan peluang hiburan yang unik yang bertujuan untuk menjadikan Arab Saudi sebagai pusat global utama untuk sektor ini pada 2030," katanya.

Strategi tersebut mencakup tiga tujuan utama yang berdampak langsung pada warga, sektor swasta, dan gamer profesional dan esports di seluruh dunia. Termasuk juga meningkatkan kualitas hidup dengan meningkatkan pengalaman para pemain, memberikan peluang hiburan baru, dan mencapai dampak ekonomi dengan berkontribusi pada produk domestik bruto sekitar 50 miliar riyal secara langsung dan tidak langsung.

Peluncuran strategi oleh Putra Mahkota hadir sebagai kelanjutan dari banyak inisiatif dan kesuksesan besar yang dicapai Kerajaan di sektor hiburan, olahraga, dan gim video, dalam kerangka Visi 2030. Hal ini sangat penting mengingat pertumbuhan pesat yang ditunjukkan oleh sektor ini yang akan menciptakan peluang baru yang memerlukan adanya strategi nasional untuk memanfaatkan kemampuan dan potensi Kerajaan yang belum dimanfaatkan.

Kerajaan bermaksud untuk menerapkan strategi ini melalui 86 inisiatif yang mencakup seluruh rantai nilai, diluncurkan dan dikelola oleh lebih dari 20 entitas pemerintah dan swasta. Mulai dari meluncurkan inkubator bisnis dan menyelenggarakan acara besar untuk gim dan e-sports, mendirikan akademi pendidikan, dan mengembangkan stimulasi regulasi yang memastikan mengikuti pertumbuhan pesat di sektor ini.

Sektor gim dan e-sports dianggap sebagai yang paling cepat berkembang di antara semua sektor media, dan audiensnya meningkat pesat, yang menjadikannya ekonomi tersendiri, dan diperkirakan akan mencapai Rp 2,9 kuadriliun pada 2023.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini