Tabung Haji Tingkatkan Layanan dengan Mobile Branch

Senin , 19 Sep 2022, 12:43 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Tabung Haji Tingkatkan Layanan dengan Mobile Branch. Foto:  Calon jamaah haji Malaysia
Tabung Haji Tingkatkan Layanan dengan Mobile Branch. Foto: Calon jamaah haji Malaysia

IHRAM.CO.ID,KUALA LUMPUR -- Lembaga Tabung Haji Malaysia telah berdiri selama hampir enam dekade. Sejauh ini, beragam peningkatan dan inovasi telah dilakukan, termasuk yang terbaru meluncurkan inisiatif TH Mobile Branch.

 

Terkait

Baca Juga

Sebagai lembaga Islam yang berusaha melayani deposan dengan lebih baik, manajemen jamaah haji dan dewan dana baru-baru ini menyebut peluncuran TH Mobile Branch ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan mencari layanannya. Mereka pun meyakini langkah baru ini akan membantu menarik deposan baru.

Direktur Eksekutif Operasi TH Mohamed Ameen Abdul Wahab mengatakan, layanan ini telah diluncurkan pada Juni tahun ini. Dalam prosesnya melibatkan petugas dari delapan Pusat Layanan TH (PPTH) dan delapan cabang TH, yang berlokasi di Pusat Transformasi Perkotaan (UTC) nasional. Inisiatif ini mencakup berbagai kabupaten di negara bagian, seperti Johor, Pahang, Perak, Negeri Sembilan, Kelantan, Kedah, Terengganu, Melaka dan Sabah.

“Untuk memudahkan para deposan kami mencari layanan yang ditawarkan oleh TH, TH Mobile Branch, atau tim pemasaran eksternal disebut juga, akan buka pada waktu dan hari yang ditentukan di lokasi yang telah kami identifikasi (di negara-negara bagian bersangkutan),” kata Mohamed Ameen dikutip di Bernama, Senin (19/9/2022).

Ia pun menyebut yang ingin ditonjolkan TH sekarang adalah konsep mobile-nya, untuk menghilangkan stigma bahwa yang pihaknya hanya duduk-duduk dan menunggu pelanggan datang. Statistik transaksi yang ada menunjukkan, transaksi yang dilakukan di PPTH terlalu rendah, sementara cabang UTC berlokasi dekat dengan kantor cabang negara bagian TH.

“Makanya, saat ini kami meluncurkan inisiatif (mobile branch) ini sebagai upaya pendekatan kepada masyarakat, mengingat 55 persen umat Islam di negeri ini masih belum memiliki rekening tabungan di TH," lanjut dia.

Mohamed Ameen mengatakan layanan yang tersedia di TH mobile antara lain pembukaan rekening baru, pembukaan rekening virtual, pemutakhiran profil, urusan haji dan pendaftaran, aktivasi THiJARI, penamaan ahli waris, perubahan status rekening dari anak menjadi dewasa, tabungan, aktivasi rekening dan pencetakan laporan.

TH sendiri didirikan untuk membantu umat Islam Malaysia menunaikan ibadah haji. Untuk itu, sangat penting bagi mereka merencanakan haji dengan baik, salah satunya dengan membuka rekening tabungan di TH serta mendaftarkan diri untuk haji.

Dengan kondisi saat ini hanya 45 persen Muslim di Malaysia yang membuka rekening di TH, Mohamed Ameen yakin inisiatif baru ini akan mendorong persentase itu naik, setidaknya lima persen. Sehingga, mereka dapat mencapai aspirasi HIJRAH24 atau Rencana Transformasi Strategis TH 2022-2024 .

“HIJRAH24, yang diluncurkan oleh Perdana Menteri pada 20 April ini, adalah rencana tiga tahun yang menguraikan 24 inisiatif untuk diterapkan oleh TH. Ini adalah harapan saya untuk membawa TH ke tingkat yang lebih tinggi. Tujuan HIJRAH24 untuk mendapatkan setidaknya 50 persen dari umat Islam di negara ini menjadi deposan TH pada 2024," lanjut dia.

Karena itu, TH harus menambah jumlah deposan minimal lima persen selama tiga tahun ini. Hal ini dinilai tidak akan berhasil jika hanya duduk di kantor, sehingga perlu mengintensifkan upaya melalui inisiatif TH Mobile Branch.

Dia mengatakan setelah peluncuran inisiatif pada 7 Juni 2022, total 5.835 akun baru dibuka. Hal ini juga menjadi bukti jika layanan tersebut dapat memberikan kesempatan untuk lebih banyak Muslim mendapat manfaat.  

Sumber:

https://www.bernama.com/en/b_focus/news.php?id=2120305

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini