Rabu 21 Sep 2022 20:30 WIB

Jejak Peradaban Islam di Sisilia

Di masa pemerintahan Islam, kehidupan di Sisilia sangat dinamis.

Islam di Sisilia
Foto: Youtube
Islam di Sisilia

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Ibnu Hauqal, seorang ahli geografi dari Baghdad, singgah di Sisilia pada 872 M. Petualang tersebut menulis tentang pulau yang ketika itu merupakan sebuah emirat Muslim yang merdeka.Menurut dia, istana sang amir berdiri dengan megah di Palermo, ibu kota setempat. Di dekatnya terdapat masjid agung dan katedral.

Ia juga mencatat, kehidupan di Sisilia sangat dinamis. Untuk urusan ibadah, penguasa setempat membangun masjid- masjid. Dikatakan Ibnu Hauqal, jumlah masjid di pulau tersebut lebih banyak daripada yang ada di kota-kota lain yang pernah disambanginya. Perayaan Idul Fitri dan Idul Adha pun selalu lebih meriah.

Baca Juga

Untuk perkara ekonomi, Emirat Sisilia mementingkan kenyamanan bisnis dan perniagaan di tengah masyarakat.Ibnu Hauqal menghitung, tidak kurang dari 150 pasar berdiri di Sisilia.Pelabuhan-pelabuhan di kawasan pantainya tentu selalu ramai. Pulau terbesar seantero Laut Tengah ini memang sejak era pra-Islam menjadi salah satu bandar utama di Mediterania.

Emirat Sisilia pun mengembangkan beragam industri, termasuk kertas serta kerajinan emas dan perak. Para raja Muslim menetapkan koin emas yang dinamakan ruba'yasebagai mata uang.Dinamakan demikian karena nilainya setara seperempat dinar. Penggunaan ruba'yaditerima di kota-kota pelabuhan Mesir dan Syam.

Walaupun lebih masyhur sebagai daerah perdagangan, Sisilia tetap menghasilkan sederet ahli ilmu.Sejumlah cendekiawan Muslim menjadikan pulau itu sebagai negerinya.Misalnya, Ismail bin Khalaf, seorang pakar ilmu qiraat yang menulis Kitab Alfi al-Qira'at; Yahya bin Umar, seorang ulama Maliki; serta Abu Bakar Muhammad at-Tamimi, pakar tasawuf yang pengikut tarekat Syekh Junaid al- Baghdadi.

Beberapa manuskrip Arab terkesan melebih-lebihkan jumlah penduduk Emirat Sisilia. Namun, umumnya sejarawan modern memperkirakan, total populasi setempat di bawah pemerintahan Islam mencapai 250 ribu hingga 350 ribu jiwa.

Mereka menunjukkan kemajemukan, dengan jumlah warga Nasrani dan Yahudi yang cukup signifikan. Semuanya hidup dengan aman di tengah mayoritas Muslim. Walaupun pada masa kekuasaan Fathimiyah, umumnya umat Islam setempat adalah ahlussunnahyang berpaham fikih Maliki atau Hanafi.

Di samping orang Arab, Yunani, dan penduduk asli, kelompok-kelompok etnis lainnya juga dapat dijumpai di Sisilia, semisal Berber, Yahudi, Jerman, Slavia, Persia, Turki, dan Nubia. Emirat ini menjadi zona peleburan (melting pot)budaya-budaya. Bahkan sesudah pulau tersebut lepas dari kuasa Muslimin sejak abad ke-12 M, budaya Islam tetap memengaruhi masyarakat lokal. Sebagai contoh, para wanita Nasrani di sana sering kali memakai hijab dan henna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement