Putra Mahkota Saudi Ungkap Ambisinya Angkat Sektor Gim dan E-sports

Jumat , 30 Sep 2022, 19:35 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Ani Nursalikah
Foto selebaran yang disediakan oleh Pengadilan Kerajaan Saudi menunjukkan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Al Saud bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed al- Nahyan (tidak digambarkan) di Abu Dhabi, UEA, 08 Desember 2021. Putra Mahkota Saudi Ungkap Ambisinya Angkat Sektor Gim dan E-sports
Foto selebaran yang disediakan oleh Pengadilan Kerajaan Saudi menunjukkan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Al Saud bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed al- Nahyan (tidak digambarkan) di Abu Dhabi, UEA, 08 Desember 2021. Putra Mahkota Saudi Ungkap Ambisinya Angkat Sektor Gim dan E-sports

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Putra Mahkota Arab Saudi yang juga Ketua Dewan Savvy Games Group Mohammed bin Salman (MBS) mengumumkan strategi kelompok tersebut. Dia mengatakan, Savvy Games Group adalah salah satu bagian dari strategi ambisiusnya untuk menjadikan Arab Saudi sebagai pusat global utama pada sektor gim dan e-sports pada 2030.

 

Terkait

"Kami memanfaatkan potensi yang belum dimanfaatkan di seluruh sektor e-sports dan gim untuk mendiversifikasi ekonomi kami, mendorong inovasi di sektor ini dan lebih jauh lagi meningkatkan penawaran kompetisi hiburan dan e-sports di seluruh Kerajaan," kata dia seperti dilansir Saudi Gazette, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga

Dimiliki sepenuhnya oleh Dana Investasi Publik (PIF), strategi Savvy adalah mendorong pertumbuhan dengan berinvestasi di industri permainan elektronik dan e-sports dengan cakrawala investasi jangka panjang yang unik dan modal jangka panjang, menciptakan lebih banyak peluang untuk berpartisipasi dan memperkuat kemitraan dalam permainan industri, serta meningkatkan pengalaman pengguna.

Peluncuran strategi Savvy Games Group akan memungkinkan dan mendukung strategi gim dan e-sports nasional yang baru-baru ini diumumkan. Karena Savvy akan berinvestasi dalam beberapa program dan infrastruktur lokal dan internasional.

Hal itu untuk memberikan peluang pelatihan, pendidikan, dan kewirausahaan, serta menarik perusahaan internasional ke Arab Saudi melalui investasi dan kemitraan yang akan berkontribusi untuk menyediakan keterampilan, transfer pengetahuan, dan membangun kemampuan di seluruh ekosistem.

Selain itu, juga akan mendirikan 250 perusahaan gim di Kerajaan, yang akan menciptakan 39 ribu pekerjaan, dan meningkatkan kontribusi PDB sektor ini pada 2030. Savvy akan mempercepat talenta di Kerajaan dan mengkatalisasi lokasi geografis unik Arab Saudi untuk membangun hub global yang dominan untuk gim dan e-sports.

Sebagai bagian dari strategi investasi Savvy, grup ini akan menginvestasikan 142 miliar riyal Saudi di masing-masing empat program dengan tujuan khusus. Sebanyak 50 miliar riyal Saudi telah dialokasikan untuk akuisisi dan pengembangan penerbit game terkemuka untuk menjadi mitra pengembangan strategis.

Kemudian, dana sebesar 70 miliar riyal Saudi akan membuat Savvy melakukan serangkaian investasi saham minoritas di perusahaan-perusahaan utama yang mendukung agenda pengembangan game Savvy. Lalu sebesar 2 miliar riyal Saudi untuk investasi terdiversifikasi untuk menumbuhkan perusahaan game dan esports tahap awal. Dan 20 miliar riyal Saudi akan diinvestasikan ke mitra industri yang matang yang menambah nilai dan keahlian pada portofolio Savvy.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini