Menelusuri Jejak Sejarah Masjid Sultan Singapura

Selasa , 04 Oct 2022, 19:44 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Sultan di Singapura.
Masjid Sultan di Singapura.

IHRAM.CO.ID,Berbicara Singapura, memang tidak akan pernah habis untuk membahas destinasi wisata yang tersedia mulai dari tempat rekreasi hingga tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah dan juga kebudayaan dari zaman terdahulu.

 

Terkait

Banyaknya ragam budaya mulai dari budaya Tionghoa, India, hingga Melayu bercampur dalam satu negara yang terkenal dengan julukan Singa Putih yang disimbolkan dengan patung Merlion yang mendunia.

Baca Juga

Salah satu destinasi bersejarah yang ada di Singapura adalah Masjid Sultan. Masjid yang memiliki kubah berkelir emas ini terletak di Kampong Glamdan merupakan tempat bersejarah bagi perkembangan umat muslimSingapura.

Menurut catatan, masjid yang dibangun pada masa penjajahan sekitar tahun 1842 oleh Sultan Hussain Shah ini memiliki berbagai tantangan, kesepakatan perjanjian pembangunannya ini dilakukan dengan pihak British East India Company.

Setelah berselang beberapa tahun, pihak berwenang dari masjid tersebut menginstruksikan untuk diadakan renovasi agar memberikan kesan yang nyaman bagi setiap jemaah yang melaksanakan ibadah lima waktu di sana sehingga tampak lah seperti saat ini.

Tidak hanya dijadikan tempat beribadah kaum muslim yang ada di Singapura, berbagai kegiatan untuk menambah wawasan dan juga keislaman juga dihadirkan oleh pihak pengelola.

Pada bagian depan, terdapat sudut yang menyajikan berbagai ilmu pengetahuan bagaimana Islam berkembang, juga bagaimana Islam dan wanita yang tersaji dalam lembaran panjang nan rapi.