Temuan Peradaban Islam yang Mengubah Dunia

Rabu , 05 Oct 2022, 21:21 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Kopi (ilustrasi)
Kopi (ilustrasi)

Kamera

 

Terkait

Tak pernah terbayangkan bagaimana jadinya dunia tanpa fotografi. Jika demikian, dunia tampaknya harus berterima kasih kepada ilmuwan Muslim yang hidup di abad ke-11, Ibnu al Haytham.

Kala itu, seperti dilansir onIslam.net , Ibnu al Haytham berhasil mengembangkan ilmunya di bidang optik dan menggambarkan bagaimana kamera pertama kali bekerja.

Bekerja di Kairo pada awal 1000 M, Ibnu Haytham merupakan salah satu ilmuwan terbesar sepanjang masa. Bermula saat ia ditempatkan di ruang tahanan bawah tanah oleh penguasa Dinasti Fatimiyah. Dia memanfaatkan waktu dengan belajar tentang bagaimana cahaya bekerja. Saat itu penelitiannya terfokus pada bagaimana gambar lubang jarum tercipta.

Ia menyadari bahwa semakin kecil lubang jarum maka semakin tajam kualitas gambar yang dihasilkan. Pemahaman inilah yang kemudian memberinya kemampuan untuk menciptakan lensa yang sangat akurat dan tajam saat mengambil gambar.

Penemuan  al Haytham mengenai kamera, juga bagaimana memproyeksikan serta menangkap gambar merupakan kontribusi sangat penting bagi perkembangan fotografi di dunia modern. Tanpa penelitian itu, manusia di zaman modern tidak akan pernah tahu bagaimana cahaya berjalan melalui sebuah lubang kemudian diproyeksikan.