Rabu 19 Oct 2022 01:21 WIB

Belfast akan Miliki Kelompok Pramuka Muslim Pertama Irlandia

Anggota pramuka wanita boleh mengenakan jilbab.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Muslim di Irlandia (ilustrasi). Belfast akan Miliki Kelompok Pramuka Muslim Pertama Irlandia
Foto: Photobucket.com
Muslim di Irlandia (ilustrasi). Belfast akan Miliki Kelompok Pramuka Muslim Pertama Irlandia

IHRAM.CO.ID, DUBLIN -- Muslim Irlandia akan menyaksikan peristiwa bersejarah, dengan dibukanya kelompok pramuka Muslim pertama di Irlandia Utara untuk anak perempuan dan laki-laki. Pembukaan grup Pramuka Muslim akan dibuka pekan depan di Belfast Islamic Center, Sabtu (22/10/2022).

 

Baca Juga

“Ini adalah sesuatu yang selalu saya pikirkan ketika saya berada di Pramuka selama masa kanak-kanak dan remaja saya ketika saya tinggal di Sudan sebelum datang ke sini ke Irlandia Utara pada 1989,” kata pemimpin Kelompok Pramuka Muslim yang baru, Ameer Ibrahim, dilansir dari About Islam, Selasa (18/10).

 

“Pengalaman itu benar-benar membantu saya untuk mendapatkan kepercayaan diri dan mengajari saya pentingnya menjadi orang yang dapat diandalkan, perilaku yang baik, dan bermoral,” kata mantan Pramuka Laut sendiri, mengatakan kepada Belfast Live.

 

Meskipun kelompok baru tidak akan religius, peserta dapat mengikuti sesi doa setelahnya dan anggota wanita dapat mengenakan jilbab. Ibrahim berharap kelompok baru, yang saat ini berjumlah sekitar 70 orang, akan menarik beberapa pengungsi muda dan pencari suaka yang baru-baru ini datang untuk tinggal di Irlandia Utara.

 

“Saya melihat para pemuda ini berkeliaran di jalan dan merasa bahwa mereka bisa menjadi bahaya bagi diri mereka sendiri dan masyarakat setempat, jika mereka tidak menemukan sesuatu yang dapat mereka miliki dan menggunakan energi mereka dengan cara yang positif,” katanya.

 

Irlandia Utara memberikan begitu banyak kepada komunitas migran sehingga, melalui Pramuka, mereka dapat memiliki kesempatan untuk berintegrasi dan berkontribusi dalam berbagai cara sebagai ucapan terima kasih.

Pramuka dan Islam

 

Menurut Laporan Pew Research Center 2016, populasi Muslim Irlandia mencapai sekitar 70 ribu. Mulai tahun 1907, gerakan Pramuka populer di dunia Arab dan dari 40 juta Pramuka di seluruh dunia, 28 juta adalah Muslim.

 

Nilai-nilai, etos, fokus pendidikan dan lingkup gerakan internasional semuanya sesuai dengan ajaran Muslim. Kepramukaan mendorong kaum muda untuk menghormati dan mencintai Tuhan dan sesama manusia, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab moral yang juga merupakan prinsip-prinsip dasar Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement