Rabu 19 Oct 2022 03:39 WIB

Jokowi: Stadion Kanjuruhan akan Dibangun Ulang Sesuai Standar FIFA

Stadion Kanjuruhan yang baru nantinya juga akan menjadi contoh stadion di Indonesia.

Presiden Jokowi menerima cinderamata berupa jersey dan bola dari Presiden FIFA Gianni Infantiono usai pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10). Jokowi: Stadion Kanjuruhan akan Dibangun Ulang Sesuai Standar FIFA
Foto: Republika/dessy suciati
Presiden Jokowi menerima cinderamata berupa jersey dan bola dari Presiden FIFA Gianni Infantiono usai pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10). Jokowi: Stadion Kanjuruhan akan Dibangun Ulang Sesuai Standar FIFA

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengatakan Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur akan diruntuhkan dan dibangun kembali sesuai dengan standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

"Tadi saya juga menyampaikan pembangunan kembali Stadion Kanjuruhan tersebut akan menerapkan fasilitas lebih memadai," kata Jokowi setelah memberikan pernyataan bersama Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga

Menurut Jokowi, Stadion Kanjuruhan yang baru itu nantinya juga akan menjadi contoh stadion di Indonesia dengan fasilitas yang menjamin keselamatan penonton, pemain, hingga suporter. "Sebagai contoh, standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik menjamin keselamatan penonton dan pemain dan juga untuk suporter," tambahnya.

Terkait anggaran untuk pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan tersebut, kata Jokowi, akan ditanggung oleh Pemerintah pusat. Pertemuan antara Jokowi dan Infantino melahirkan kesepakatan kedua belah pihak untuk bersama-sama melakukan transformasi sepak bola di Indonesia.

 

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut atas tragedi yang menewaskan 132 orang usai laga antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022). Jokowi dan Infantino juga berdiskusi terkait berbagai aspek sepak bola, seperti manajemen stadion, manajemen keamanan pertandingan sepak bola, manajemen pertandingan, hingga manajemen suporter.

Selain itu, Jokowi mengatakan FIFA juga akan berinvestasi dalam banyak hal, seperti membantu penerapan standar keselamatan dalam penyelenggaraan sepak bola, pembinaan suporter, pembangunan stadion, hingga mengembangkan sekolah sepak bola di Indonesia.

"Tadi, Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan FIFA ingin investasi banyak di Indonesia, dalam hal yang tadi berkaitan dengan stadion, keselamatan, suporter, sekolah sepakbola yang ada di Indonesia," ujar Jokowi.

Guna mendukung transformasi sepak bola di Tanah Air, FIFA akan berkantor di Indonesia. Pemerintah Indonesia berkomitmen segera menyiapkan kantor FIFA tersebut. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu ialah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement