Kamis 20 Oct 2022 20:22 WIB

Masjid Aitika, Masjid Megah dan Besar di Kashgar

Masjid Aitika memiliki nama lain Id Kah Meschit.

Masjid Aitika, Kashi, Xinjiang
Foto:

Secara garis besar Masjid Aitika terdiri atas halaman, ruangan shalat, pintu gerbang, dan beberapa bangunan lain yang masuk dalam kompleks masjid. Tidak seperti kebanyakan masjid di Xinjiang, Masjid Aitika memiliki bentuk struktur yang tidak biasa. Struktur bangunan yang digambarkan sang arsitek menempatkan pusat bangunan dai halaman yang berisi banyak tumbuhan.

Halaman yang memiliki bentuk nonortogonal itu terbelah oleh jalan yang menghubungkan antara pintu masuk dan pintu ruangan shalat. Paralel dengan ruangan shalat yang panjang, terdapat satu lagi jalan yang membelah halaman itu menjadi kuadran. 

Jalan itu menghubungkan antara dua pintu masuk di sisi kiri dan kanan. Tempat kediaman para imam, ruangan belajar, dan kamar-kamar para santri berada dekat dengan halaman, yaitu di sebelah utara dan selatannya. Toko-toko yang berada di sisi luar tembok halaman, ikut membantu perawatan masjid melalui tradisi wakaf mereka.

Pintu masuk kompleks masjid berada di sudut paling selatan. Yaitu, di bagian yang menghadap langsung ke alun-alun kota. Gerbang utama Masjid Aitika berupa bangunan segi empat besar. Pintu masuknya seolah tersembunyi di dalam bingkai melengkung yang membentuk semacam ceruk. Pada tembok di samping gerbang, juga terdapat ceruk-ceruk segi empat, yang bagian atasnya melengkung seperti busur.

Di gerbang utama ini, di sisi kiri dan kanannya terdapat dua menara. Meskipun tingginya mencapai 18 meter, menara tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan menara-menara pada bangunan masjid yang lain. Bentuknya mirip dengan Menara Poi dan Masjid Kalyan di Bukhara.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement