Kamis 20 Oct 2022 20:22 WIB

Masjid Aitika, Masjid Megah dan Besar di Kashgar

Masjid Aitika memiliki nama lain Id Kah Meschit.

Masjid Aitika, Kashi, Xinjiang
Foto:

Keduanya memiliki bentuk seperti lentera dengan bagian kubah bergaris-garis. Menara itu dibuat dari batu bata kuning dan gips berwarna putih. Untuk mempercantiknya, keramik warna-warni ditempelkan sehingga membentuk cincin-cincin pada menara itu. Tepat di balik gerbang utama itu terdapat tempat wudhu yang terbuka hingga ke halaman utama yang luas.

Ketika memasuki halaman itu, akan tampak pohon poplar yang menjulang tinggi, lalu banyak pula pohon-pohon pinus di sekitarnya. Berkat pohon-pohonan itu, halaman yang luas itu menjadi sangat teduh sehingga siapa pun yang berada di sana akan selalu merasa sejuk. 

Di kompleks masjid itu juga terdapat sebuah kolam yang airnya sangat jernih sehingga airnya menjadi berwarna hijau akibat pantulan warna pepohonan di sekitarnya. Halaman yang sangat luas tersebut diisi oleh empat taman yang terdiri atas kanal dan pepohonan. Dua bagian besar di sisi utara bahkan dilengkapi dengan kolam. Ruangan shalat terletak di sisi barat halaman.

Ruangan shalat merupakan bagian yang lebih tinggi dari permukaan halaman. Atapnya ruangan tersebut ditopang dengan pilar kayu berbentuk segi empat dengan warna biru menyala. Pada atap dan seputaran pilar-pilar itu terdapat ukiran dan gambar-gambar yang cantik dan menarik.

Bagian mihrabnya merupakan ceruk yang terdapat di sisi paling barat di ruangan itu. Mihrab itu dihiasi dengan keramik-keramik yang indah. Dekorasi untuk mihrab itu mengikuti pola bunga-bunga arabesque atau bentuk-bentuk geometris yang linier. Warna yang digunakan mulai dari hijau menyala, kuning, biru, dan merah yang ditempelkan di ceruknya. Di samping ceruk mihrab, terdapat mimbar sederhana yang terdiri atas susunan batu bata saja. Begitulah arsitek masjid yang dimiliki Muslim Uighur itu. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement