Selasa 25 Oct 2022 16:30 WIB

Merapikan Tempat Tidur Ada Doanya, Ini Bacaannya

Doa merapikan tempat tidur.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Merapikan Tempat Tidur Ada Doanya, Ini Bacaannya. Foto: Tidur siang (ilustrasi). Tidur siang secara teratur bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.
Foto: www.freepik.com
Merapikan Tempat Tidur Ada Doanya, Ini Bacaannya. Foto: Tidur siang (ilustrasi). Tidur siang secara teratur bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi kesunahan untuk merapikan atau membersihkan terlebih dulu tempat tidur sebelum ditempati. Ini dapat dilakukan dengan mengibaskan seprai, bantal baik menggunakan tangan atau pun alat seperti kemoceng, sapu lidi dan lainnya yang dipergunakan khusus untuk membersihkan seprai kasur. Tindakan tersebut juga untuk mengantisipasi bila ada hewan seperti semut atau lainnya yang dapat mengganggu ketika tidur.

Membersihkan tempat tidur sebelum tidur diajarkan Rasulullah SAW. Bahkan hendaknya seorang Muslim ketika membersihkan tempat tidurnya terlebih dulu membaca doa. Berikut doa ketika merapikan tempat tidur :

Baca Juga

بِاسْمِكَ رَبِّ وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

Bismika rabbi wa dho'tu janbiy wa bika arba'uhu in amsakta nafsiy farhamhaa wa in arsaltahaa faah fadzhaa bimaa tah fadzhu bihi 'ibadakas sholihiin

 

Dengan namaMu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku dan atas nama-Mu aku mengangkatnya, dan jika Engkau menahan diriku, maka rahmatilah daku, dan jika Engkau melepaskannya, maka jagalah sebagaimana Engkau menjaga hamba-Mu yang shalih.

Doa ini dikutip dari hadits nabi Muhammad SAW yang dapat ditemukan pada kitab sahih Bukhari nomor 6320 versi fathul bari atau nomor 5845 versi al Alamiyah. Berikut redaksi lengkap haditsnya.

بَاب حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ ثُمَّ يَقُولُ بِاسْمِكَ رَبِّ وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ تَابَعَهُ أَبُو ضَمْرَةَ وَإِسْمَاعِيلُ بْنُ زَكَرِيَّاءَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ وَقَالَ يَحْيَى وَبِشْرٌ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَوَاهُ مَالِكٌ وَابْنُ عَجْلَانَ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus telah menceritakan kepada kami Zuhair telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin Umar telah menceritakan kepadaku Sa'id bin Abu Sa'id Al Maqburi dari Ayahnya dari Abu Hurairah dia berkata, Nabi SAW bersabda, "Apabila seseorang dari kalian hendak tidur, maka hendaklah ia mengibaskan di atas tempat tidurnya dengan kain sarungnya, karena ia tidak tahu apa yang terdapat di atas kasurnya. Lalu mengucapkan doa:

Bismika rabbi wa dho'tu janbiy wa bika arba'uhu in amsakta nafsiy farhamhaa wa in arsaltahaa faah fadzhaa bimaa tah fadzhu bihi 'ibadakas sholihiin

 Dan hadits ini juga diperkuat oleh Abu Dlamrah dan Isma'il bin Zakariya dari 'Ubaidullah. Yahya dan Bisyr mengatakan, dari 'Ubaidullah dari Sa'id dari Abu Hurairah dari Nabi SAW. Dan diriwayatkan pula oleh Malik dan Ibnu 'Ajlan dari Sa'id dari Abu Hurairah dari Nabi SAW.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement