Sabtu 29 Oct 2022 03:00 WIB

Menelusuri Daya Tarik Kota Kairo

Kairo berarti penaklukan.

Sungai Nil yang membelah kota Kairo, Mesir.
Foto: Republika/Rusdi Nurdiansyah
Sungai Nil yang membelah kota Kairo, Mesir.

IHRAM.CO.ID,Kairo berarti penaklukan. Karena itu, di sana bekas-bekas kejayaan Kota Fustat, Ibu Kota Mesir, lama yang didirikan Amr bin Al Ash masih bisa ditelusuri. Sisa-sisa bangunan, seperti gerbang pintu masuk ke kota (bawwabah) atau pagar tembok, masih ada meski tak utuh. Sebagian usang dimakan usia atau tergerus tata kota, terganti rumah susun tempat tinggal warga.

Panglima dari Dinasti Abbasiyah Jauhar al-Katib ash- Shiqli pada 969 mendirikan Kairo. Peninggalan sejarah dan kebudayaan Islam dari abad pertengahan pun masih jelas jejaknya hingga kini. Mulai dari masjid dengan ratusan sampai ribuan menara yang menjulang tinggi hingga Benteng Shalahuddin al-Ayyubi yang masih kokoh berdiri di daerah Bukit Muqatham.

Baca Juga

Salah satu tempat wisata yang menarik adalah ziarah ke petilasan salah satu Imam Mazhab Fikih yang terkemuka. Namanya Muhammad bin Idris as-Sya’?. Letak makamnya di kota tua di jantung Kairo. Yakni, di distrik Sayyeda Aisha di pinggiran Kairo. Dari perkotaan kawasan ini bisa ditempuh dalam waktu 20 menit.

Distrik ini merupakan tujuan berplesiran warga lokal. Selain karena merupakan area pemakaman sejumlah figur tokoh dan ulama berpengaruh, di tempat ini terdapat pasar tradisional. Barang yang dijajakan pun bermacam-macam. Mulai dari makanan, sayur, perkakas baru ataupun bekas, hingga satwa hidup dilelang di sini. Tak jauh dari area ini, berdiri pula Masjid Ali Sultan.

Dari ujung jalan utama, perjalanan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Dan, dalam perjalanan menuju Makam Sya’i sempatkan mengunjungi Makam Imam Jalaluddin as-Suyuthi salah seorang ulama multitalenta asal Mesir.

Di lokasi ini pula terdapat makam guru Imam Sya’i. Ia adalah Imam Waqi’ yang disebut dalam bait syair al-I’tiraf yang sangat populer. “Aku mengadu ke Waqi’ lemahnya hafalanku. Ia memberiku saran agar meninggalkan segala bentuk maksiat.”  

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement