Rabu 09 Nov 2022 14:32 WIB

Arab Saudi Tingkatkan Keahlian Pelestarian Keindahan Alam

Arab Saudi terus berupaya meningkatkan keahlian lokal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Rancangan rumah masa depan Arab Saudi yang ramah lingkungan.
Foto: Arab News
Rancangan rumah masa depan Arab Saudi yang ramah lingkungan.

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi terus berupaya meningkatkan keahlian lokal untuk mengelola dan mempromosikan keindahan alam negara yang unik, dengan pelatihan dari para pakar PBB.

Kementerian Kebudayaan Saudi melatih selusin orang  dalam program “Global Geoparks” UNESCO. Langkah ini merupakan inisiatif untuk mengenali dan melindungi lanskap di seluruh dunia.

Baca Juga

Seorang ahli ekologi dan ilmu bumi UNESCO, Elsa Sattout, didapuk untuk memimpin pelatihan di Riyadh. Acara tersebut juga digelar untuk menyambut mahasiswa asal Oman.

Dilansir di Arab News, Rabu (9/11/2022), siswa yang hadir diberi pengarahan tentang konsep dasar dan sejarah program Geopark Global, serta bagaimana aplikasi baru dinilai dan diberikan status.

 

Dalam paparannya, Sattout menjalankan perihal upaya pelestarian dan dokumentasi warisan geologi dan mempromosikan geo-wisata. Ia juga membahas kewirausahaan, pelestarian keanekaragaman geologi dan pengelolaan warisan geologi.

Sesi tersebut merupakan bagian dari inisiatif “Pakar” Kementerian Kebudayaan untuk melatih 30 orang Saudi tentang program UNESCO selama 2021-2022, meningkatkan keahlian negara dalam warisan budaya dan alam dan mempromosikan aset alamnya secara internasional.

UNESCO menggambarkan “Global Geoparks” sebagai kawasan geologis tunggal dan terpadu yang memiliki signifikansi internasional.

Sebanyak 177 wilayah di 46 negara, sebagian besar di Eropa dan Asia, telah diberikan status sejak sistem diluncurkan pada 2015.

Organisasi tersebut memberikan pengarahan pada area yang dikelola untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang masalah utama yang dihadapi masyarakat, seperti menggunakan sumber daya bumi kita secara berkelanjutan, mengurangi dampak perubahan iklim dan mengurangi risiko terkait bahaya alam. 

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2196136/saudi-arabia

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement