Pemkab Murung Raya Latih UMKM Buat Produk Pangan Aman dan Halal

Senin , 14 Nov 2022, 18:17 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi Makanan Halal. Pemkab Murung Raya Latih UMKM Buat Produk Pangan Aman dan Halal
Ilustrasi Makanan Halal. Pemkab Murung Raya Latih UMKM Buat Produk Pangan Aman dan Halal

IHRAM.CO.ID, PURUK CAHU -- Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, melaksanakan pelatihan membuat produk aman dan halal dari bahan pangan, kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan kelompok usaha bersama wanita transmigrasi Bahitom.

 

Terkait

"Pelatihan ini nantinya akan diikuti membantu para para peserta bisa memperoleh perizinan produksi industri rumah tangga atau PIRT," kata Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Murung Raya Kariadi, Senin (14/11/2022).

Baca Juga

Dia menginginkan produk rumahan yang dibuat nantinya mempunyai label kemasan produk sesuai dengan aturan izin produksi industri rumah tangga atau PIRT. Ia memastikan wilayah transmigrasi di Kabupaten Murung Raya mempunyai bahan pangan yang melimpah yang seharusnya bisa diolah dan dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat itu sendiri.

"Untuk itu biar produk pangan yang diproduksi nanti aman, kita melibatkan pihak dinas kesehatan agar para peserta pelatihan bisa mengetahui dan menghindari bahan berbahaya bagi kesehatan di dalam produk yang dibuat nanti. Selain aman, tentu juga harus halal," kata Kariadi.

Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan yang juga Sekretaris Distransnaker Murung Raya Pelma mengatakan pelatihan tersebut dimaksudkan agar produk yang dihasilkan memiliki SOP dan tidak mengganggu kesehatan konsumen.

"Setelah bebas dari bahan terlarang maka produk itu nanti akan disalurkan ke agen-agen atau mitra yang sudah bekerja sama dengan kami. Pelatihan ini juga agar ibu-ibu bisa meningkatkan perekonomian serta dalam rangka pengentasan isu stunting," kata Pelma.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini