Senin 14 Nov 2022 20:55 WIB

Forum Halal 20 akan Dihadiri 104 Lembaga Halal Dunia

Forum Halal menjadi bagian Presidensi G20.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 Forum Halal 20 akan Dihadiri 104 Lembaga Halal Dunia. Foto: Kawasan industri halal. Ilustrasi
Foto: MCIE
Forum Halal 20 akan Dihadiri 104 Lembaga Halal Dunia. Foto: Kawasan industri halal. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar forum Halal 20 (H20) di Semarang, Jawa Tengah. Gelaran yang menjadi bagian Presidensi G20 ini berlangsung pada 17-19 November 2022 mendatang dengan mengusung tema “Global Halal Partnership for a Robust Sustainable Future”. 

“Dalam forum ini, BPJPH menggundang perwakilan 104 Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) dari 40 negara. Selain itu, sejumlah duta besar serta perwakilan kementerian/lembaga pemangku kepentingan jaminan produk halal juga telah mengkonfirmasi untuk hadir dalam H20,” ujar Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (14/11/2022). 

Baca Juga

Menurut Aqil, forum ini akan dibuka Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin. Dalam forum ini, Kiai Ma'ruf juga akan menyampaikan pidato kuncinya. “Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan akan membuka sekaligus menyampaikan Keynote Speech dalam H20,” ucap Aqil. 

Aqil menambahkan, penyelenggaraan H20 bertujuan untuk memperkuat, mempromosikan, dan mengembangkan kerja sama jaminan produk halal (JPH) dalam pasar global atas dasar saling pemahaman, penerimaan, dan menguntungkan. 

“Karenanya, dalam forum ini juga akan dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) serta Mutual Recognition Agreement (MRA) antara BPJPH dengan sejumlah  LHLN disaksikan Wapres Ma’ruf Amin,” kata Aqil.

Selain itu, Forum H20 juga akan membahas sejumlah isu global terkait jaminan produk halal. Antara lain aturan saling keberterimaan sertifikasi halal untuk percepatan kerja sama ekspor impor produk. “Forum ini diharapkan dapat melahirkan strategi bersama untuk meningkatkan produktivitas pasar halal global,” jelas Aqil. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement