Selasa 15 Nov 2022 23:45 WIB

Bangka Barat Satu-satunya Kabupaten di Bangka Belitung yang Belum Bebas Malaria

Malaria kebanyakan terjadi di daerah tambang bijih timah di Kabupaten Bangka Barat.

Nyamuk Malaria. Bangka Barat Satu-satunya Kabupaten di Bangka Belitung yang Belum Bebas Malaria
Foto: AP
Nyamuk Malaria. Bangka Barat Satu-satunya Kabupaten di Bangka Belitung yang Belum Bebas Malaria

IHRAM.CO.ID, PANGKALPINANG -- Enam dari tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Bangka Belitung sudah bebas dari penyakit malaria. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung Andri Nurito, kasus malaria dalam beberapa tahun terakhir tidak ditemukan di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur serta Kota Pangkalpinang.

"Saat ini hanya Kabupaten Bangka Barat saja yang belum bebas malaria. Kami targetkan Bangka Barat pada 2024 bebas malaria, sehingga Kepulauan Babel bebas malaria pada 2024," katanya, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga

Ia mengungkapkan kasus malaria kebanyakan terjadi di daerah tambang bijih timah di Kabupaten Bangka Barat. "Para penambang timah ini banyak terjangkit malaria karena mereka bekerja dari pagi hingga malam hari dan sangat mudah digigit nyamuk malaria," katanya.

Faktor lain yang membuat Bangka Barat belum bisa bebas dari malaria, menurut dia, adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Guna menekan risiko penularan penyakit malaria, Dinas Kesehatan menggiatkan sosialisasi pencegahan penyakit malaria serta penerapan pola hidup bersih dan sehat.

 

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit yang menular melalui gigitan nyamuk, utamanya nyamuk Anopheles. Penularan penyakit tersebut dapat dicegah dengan memberantas sarang nyamuk serta menghindari gigitan nyamuk dengan cara memakai kelambu dan losion anti-nyamuk, menyemprot dinding rumah menggunakan insektisida, menjaga rumah tetap bersih dan kering, dan mencegah genangan di sekitar rumah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement