Rabu 16 Nov 2022 20:40 WIB

Kitab Perangkat Mekanik, Warisan Bernilai Banu Musa Bersaudara

Kitab itu warisan berguna bagi perkembangan teknik dan arsitektur dalam dunia Islam.

Banu Musa terdiri atas tiga bersaudara: Jafar Muhammad bin Musa bin Shakir, Ahmad bin Musa bin Shakir, dan al-Hasan bin Musa bin Shakir. (Ilustrasi)
Foto: http://sufistik.com
Banu Musa terdiri atas tiga bersaudara: Jafar Muhammad bin Musa bin Shakir, Ahmad bin Musa bin Shakir, dan al-Hasan bin Musa bin Shakir. (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,Banu Musa bersaudara menitipkan sesuatu yang berharga sepeninggal mereka. Kitab al- Hiyal atau Kitab Perangkat Mekanik merupakan warisan bernilai yang ditinggalkan Banu Musa. Melalui kitab ini, mereka memberikan warisan berguna bagi perkembangan teknik dan arsitektur dalam dunia Islam.

Prinsip geometri dan fisika Dalam kitab itu, Banu Musa juga menjelaskan rancangan pembuatan air mancur yang mereka ciptakan. Mereka menerapkan beragam prinsip geometri dan fisika untuk membuat air mancur. Kitab tersebut juga memuat tujuh desain air mancur. Desain pertama adalah bentuk dasar yang ditemukan pada semua air mancur.

Baca Juga

Desain lainnya menunjukkan pembuatan air mancur yang lebih kompleks. Misalnya, air mancur yang pancaran airnya bisa berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Setidaknya, terdapat tiga bentuk dasar air mancur, yakni bentuk lili, perisai, dan tombak. Selain tiga bentuk dasar itu, ada air mancur yang pancarannya berubah secara periodik, misalnya berubah dari bentuk tombak ke perisai, kemudian kembali lagi ke pancaran air berbentuk tombak.

Untuk membuat pancaran air yang keluar bergantian dan berbentuk, seperti tombak dan perisai, diperlukan pengaturan yang sangat cermat dan teliti. Pengaturan harus seimbang dengan memerhatikan prinsip-prinsip fisika. Dalam hal ini, salah satu bak difungsikan untuk memancarkan air dalam bentuk tombak, sedangkan bak lainnya untuk memancarkan air dalam bentuk perisai.

 

Diposisikan di sebuah tempat yang tersembunyi dari pandangan mata, bak ini berfungsi sebagai akumulator tekanan. Dengan begitu, bak menyediakan pasokan air yang cukup dan tekanan untuk menciptakan efek air mancur yang diinginkan. Dalam sebuah rancangan, Banu Musa mendesain sebuah bak yang menentukan bentuk pancaran air yang keluar. Mereka juga merancang air mancur dengan roda gerigi dan katup canggih yang memungkinkan bentuk pancaran air berubah dari satu bentuk ke bentuk lain.

Penemuan cara pembuatan air mancur BANU MUSA Tiga Bersaudara Perancang Air Mancur Rancangan mereka berpengaruh besar bagi kemajuan arsitektur Islam. Buah pemikiran Banu Musa bersaudara tak sebatas pada rancangan air mancur. Mereka juga menemukan sejumlah mesin otomatis dan alat mekanik lainnya. Misalnya katup, mesin yang bisa diprogram, seruling otomatis, lampu badai, lampu otomatis, tekanan diferensial, dan masker gas.

Banu Musa bersaudara juga menemukan sebuah alat yang dikenal sebagai alat musik mekanik paling awal. Alat musik ini disebut sebagai hydropowered organ. Alat musik ini masih diproduksi hingga pertengahan abad ke- 19.

Banu Musa bersaudara juga meninggalkan karya-karya mereka dalam bidang matematika. Di bidang ini, mereka menulis Kitab Pengukuran Pesawat dan Figur Berbentuk Bola. Di antara karya Banu Musa, ini merupakan salah satu risalah matematika paling terkenal. Dalam kitab ini, mereka membahas teori-teori dari Archimedes, para ahli matematika, fisika, dan astronomi Yunani.

Abu Ja’far Muhammad ibn Musa ibn Shakir, sulung dari tiga bersaudara ini, juga dikenal sebagai perintis astrofisika dan mekanika langit. Pada salah satu bukunya, Abu Ja’far menjelaskan penemuannya tentang benda-benda langit yang menjadi subjek dalam hukum fisika bumi. Ia pun membahas gerakan bintang dan hukum tarik-menarik di antara benda langit.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement