Sabtu 26 Nov 2022 03:45 WIB

Berkuasa 93 Tahun, Ini Daftar Penguasa Dinasti al-Murabitun

Dinasti al-Murabitun memegang tampuk kekuasaan hampir sekitar 93 tahun lamanya.

Koubba Ba
Foto:

- Yusuf bin Tasyfin

Posisi kosong yang ditinggalkan Abu Bakar kemudian diisi oleh Yusuf bin Tasyfin. Ia dibaiat sebagai amir atau penguasa Al-Murabitun di Maghribi menggantikan Abu Bakar pada tahun 453 H/1061 M. Sebagian penulis sejarah menyatakan bahwa ia adalah raja pertama Dinasti Al-Murabitun karena dialah pemimpin pertama yang terkenal dan mampu bertahan di atas tampuk pemerintahan selama hampir 50 tahun (453 H/1061 M-500 H/1107 M).

Sejarawan Ibnu Asir dalam bukunya yang sangat monumental, al-Kamil fi at-Tarikh, jilid VIII mengungkapkan bahwa Ibnu Tasyfin adalah seorang yang teguh beragama, orang yang murah hati, tegas dalam bertindak, dan politikus yang ulung. Sebagai pemimpin kaum Muslimin, sosoknya dikenal sangat baik terhadap rakyatnya, tidak pernah mengambil harta selain zakat, dan selalu menjalankan sunah dan syariat. 

Pada masa Yusuf bin Tasyfin-lah kejayaan Dinasti al-Murabitun tercapai. Akan tetapi, setelah ia wafat, pemerintahan al-Murabitun pun semakin lemah dan akhirnya runtuh di tangan golongan al-Muwahiddun. Dalam Ensiklopedi Tematis Dunia Islam: Khilafah, disebutkan bahwa pada masa pemerintahannya telah terjadi peperangan yang hebat melawan orang Kristen Spanyol.

 Dengan kekuatan 100 kapal laut, 7.000 tentara berkuda, dan sejumlah besar pasukan lainnya, ia menyeberang ke Andalusia (Spanyol). Sementara pasukan musuh yang harus ia hadapi mencapai 50 ribu orang. Peperangan dahsyat pun terjadi pada 12 Rajab 479 H/23 Oktober 1086 yang berakhir dengan kekalahan Alfonso VI, raja Leon dan Castilla, dan terbunuhnya sebagian besar tentara musuh.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement