NTB Kirim Kuliner Khas Lokal untuk Korban Terdampak Gempa di Cianjur

Sabtu , 03 Dec 2022, 21:32 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Pengungsi beraktivitas di dalam tenda darurat di Kampung Gasol, Desa Gasol, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Ahad (27/11/2022). Beberapa pengungsi korban gempa Cianjur mengisi waktu malam hari di tenda pengungsian dengan menggelar tahlil atau menyaksikan pertandingan piala dunia.
Pengungsi beraktivitas di dalam tenda darurat di Kampung Gasol, Desa Gasol, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Ahad (27/11/2022). Beberapa pengungsi korban gempa Cianjur mengisi waktu malam hari di tenda pengungsian dengan menggelar tahlil atau menyaksikan pertandingan piala dunia.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengirimkan sejumlah produk kuliner khas lokal dari sejumlah wilayah itu untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

 

Terkait

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengatakan bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, itu berasal dari sejumlah UKM dan UKM setempat.

Baca Juga

"Semoga para korban gempa Cianjur sehat semua dan mereka bisa mencicipi lalu menikmati makanan khas NTB," ujarnya usai melepas truk pembawa bantuan korban gempa bumi Cianjur di halaman Kantor Gubernur NTB di Kota Mataram, Sabtu (3/12/2022).

Ia mengatakan produk lokal NTB sengaja diberikan untuk para korban gempa Cianjur-Jawab Barat. Karena menurutnya, produk lokal milik NTB ini berbeda dengan daerah lain yang memiliki kekhasan tersendiri.

"Ini sebagai bentuk empati kita buat warga Cianjur. Apalagi saat gempa Lombok, Pak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga pernah datang mengunjungi masyarakat kita yang menjadi korban gempa," kata Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Selain mengirim bantuan, Bang Zul mengatakan Pemerintah Provinsi NTB meminta Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah bersama Ketua PKK NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati akan berkunjung ke Cianjur untuk melihat dari dekat para korban gempa bumi.

"Mungkin nanti Ibu Wagub dan istri saya (Ketua PKK NTB, red) beserta sejumlah kepala dinas perempuan yang akan berkunjung. Kalau kita mungkin nanti kesannya terlampau politis, cari panggung, namanya juga zaman sekarang. Jadi biar ibu-ibu yang kesana, karena banyak yang jadi korban itu ibu-ibu dan anak-anak sehingga mereka lebih paham. Kalau kita bapak-bapak nggak begitu paham," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial NTB, Akhsanul Haliq, mengatakan total bantuan yang dikirim dari NTB untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat senilai Rp811 juta lebih. Bantuan tersebut dipaketkan dalam bentuk kuliner khas NTB, seperti Ayam Taliwang, Ayam Rarang, Ikan Kering, Telur Asin, Sate Rembige, Madu Sumbawa, Kopi Sumbawa, Kopi Lombok dan Kue Kering.

"Kita kirim produk lokal dari NTB, sekaligus kita beli dan bela lalu kemudian kita perkenalkan produk lokal milik NTB kepada masyarakat disana," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini