Lebih Mudah dan Murah, Penonton Piala Dunia 2022 Manfaatkan Skema Umroh Saudi

Selasa , 06 Dec 2022, 17:32 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Ani Nursalikah
Umat Muslim melakukan Tawaf Perpisahan di sekitar Kabah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, 11 Juli 2022. Lebih Mudah dan Murah, Penonton Piala Dunia 2022 Manfaatkan Skema Umroh Saudi
Umat Muslim melakukan Tawaf Perpisahan di sekitar Kabah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, 11 Juli 2022. Lebih Mudah dan Murah, Penonton Piala Dunia 2022 Manfaatkan Skema Umroh Saudi

IHRAM.CO.ID, DOHA -- Banyak pengunjung Piala Dunia 2022 memanfaatkan skema pemerintah Arab Saudi yang memungkinkan ziarah atau umroh tanpa persyaratan yang rumit. Mohammed Abdullah memutuskan melakukan perjalanan ke Qatar dari kampung halamannya Sidi Bel Abbes di Aljazair barat laut pada awal November 2022.

 

Terkait

Meskipun Abdullah yang berusia 29 tahun membeli tiket Piala Dunia Qatar 2022, ia melewatkan acara olahraga itu dan malah memutar ke Makkah. "Target saya adalah pergi ke Arab Saudi dari Qatar dan melakukan umroh. Saya menetapkan tujuan saya sejak pertama kali membaca Arab Saudi menawarkan visa umroh gratis kepada pemegang kartu Hayya,” katanya kepada TRT World.

Baca Juga

Kartu Hayya mengacu pada dokumen foto-identitas yang diberikan kepada penggemar yang menghadiri Piala Dunia 2022. Tiket setidaknya untuk satu pertandingan Piala Dunia merupakan prasyarat mendapatkan kartu Hayya.

"Tidak ragu-ragu bahkan jika anggaran saya terbatas. Saya hanya ingin pergi ke Qatar untuk memulai perjalanan saya untuk umroh, ziarah sepanjang tahun ke Makkah dan Madinah," ujar Abdullah.

Dengan kartu tersebut, masuk ke Qatar, Arab Saudi, Oman, dan Uni Emirat Arab (UEA) bebas visa. Ini juga memungkinkan pengunjung masuk ke stadion dan akses gratis ke layanan transportasi metro dan bus pada hari pertandingan.

Baca juga: Berkat Larangan Alkohol, Fan Wanita Merasa Aman di Piala Dunia 2022