Unej Gagas Eduwisata Religi di Kampung Aswaja Jember

Jumat , 09 Dec 2022, 18:30 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Universitas Jember
Universitas Jember

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tim Pengabdian Universitas Jember (Unej) menggagas edukasi wisata (eduwisata) religi di Kampung Aswaja, Desa Sumber Ketempa, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

 

Terkait

"Kami mengajak diskusi bersama Pemerintah Desa Sumber Ketempa beserta tokoh masyarakat, pemuda penggerak, muslimat dan perwakilan masyarakat dari empat dusun yakni Dusun Kulon, Pancoran, Krajan, dan Gudang wiringintentang gagasan eduwisata religi itu," kata Ketua Tim Pengabdian Unej Dr Akhmad Taufiq dalam siaran pers yang diterima di Jember, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga

Menurutnya kegiatan yang digelar di Balai Pertemuan Kampung Aswaja di Sumberketempa, Kecamatan Kalisat, tersebut melahirkan banyak ide kreatif untuk memajukan atau mengembangkan desa yang berakar pada keunikan-keunikan potensi religi yang ada di desa setempat.

"Pengembangan potensi Desa Sumber Ketempa itu merupakan bentuk perhatian Unej untuk mengembangkan potensi desa yang memiliki Kampung Aswaja," tuturnya.

Ia menjelaskan program itu kemudian dikemas dalam eduwisata berbasis literasi religi, agar potensi-potensi religi seperti ritual keagamaan yang selama ini sudah berjalan dapat diberikan solusi berupa formula pengembangan untuk semakin dapat bermanfaat, tidak hanya dari sisi keagamaan, tapi juga dari aspek ekonomi.

"Dalam konteks itu, formula pengembangan desa berupa eduwisata berbasis literasi religi itu diharapkan dapat memberi manfaat bagi kebahagiaan lahir dan batin sekaligus," katanya.

Sementara itu salah satu Tim Pengabdian Unej Hermanto Rohman mengatakan pihak Desa Sumber Ketempa juga harus menyiapkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan yang dapat dijadikan satu paket pengembangan nilai ekonomi masyarakat.

"Selain mengoptimalkan keunikan yang dimiliki desa tentang eduwisata religi, ke depan desa juga harus menyiapkan UMKM unggulan karena belum ada di Jember yang secara khusus membranding desanya secara khusus menyebut eduwisata berbasis religi," ujarnya.

Ia mengatakan hal itu merupakan kesempatan yang strategis, sehingga tentunya desa memberikan pendidikan dan pendampingan bagi pelaku UMKM agar bisa mengambil bagian dalam setiap momentum yang ada dengan eduwisata religi.

Kepala Desa Sumber Ketempa Ertin Budi Rahayu mengatakan bahwa setiap kegiatan yang konstruktif untuk desa, masyarakat siap bekerjasama dalam kegiatan tersebut.

"Masyarakat tentunya senang dengan program Kampung Aswaja atau eduwisata berbasis religi, selain dapat memperkokoh keimanan juga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar nantinya," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini