Rabu 14 Dec 2022 19:49 WIB

Pameran Haji dan Umroh Isra Festival akan Digelar 23-25 Desember 2022

Isra Festival menjadi wadah ekosistem haji, umroh, dan wisata halal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Pameran Haji dan Umroh Isra Festival akan Digelar 23-25 Desember 2022
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pameran Haji dan Umroh Isra Festival akan Digelar 23-25 Desember 2022

IHRAM.CO.ID, Isra Festival, Wadah Ekosistem Haji-Umrah Dan Wisata Halal

JAKARTA -- Kegiatan Isra Festival rencananya akan digelar selama tiga hari, mulai 23 hingga 25 Desember di JCC Senayan. Agenda ini merupakan kerja sama antara Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), Traya Eksibisi Internasional, BSI, dan Zurich Syariah.

Baca Juga

Direktur Traya Eksebisi Internasional Bambang Setiawan menyebut Isra Festival akan dilaksanakan di Hall A JCC Senayan. Di area seluas 3.000 meter persegi ini terdapat ratusan stand yang diisi oleh perusahaan travel umroh, hotel atau akomodasi halal, wisata Muslim, transportasi, makanan halal, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah dan industri pendukung.

"Pameran ini merupakan pameran pertama untuk haji, umroh, dan wisata halal. Kami berharap ini bisa menjadi pameran tahunan. Alhamdulillah kami dapat melaksanakan kegiatan ini bekerja sama dengan Himpuh, Zurich Syariah dan BSI," katanya dalam konferensi pers Isra Festival di Hotel Gren Alia, Rabu (14/12/2022).

Pameran Isra Festival ini mengambil tema Muslim Friendly Tourism. Ia menyebut saat ini wisata halal tumbuh dengan luar biasa dari tahun ke tahun, dengan pasar dan kesempatan yang besar, yang bisa dikelola untuk meningkatkan ekonomi pengusaha lokal.

Kehadiran UMKM multi produk disebut akan turut meramaikan kegiatan akhir tahun ini. Harapannya, keikutsertaan dari berbagai sektor terkait haji, umrah dan wisata halal dalam pameran ini dapat menghadirkan ekosistem yang lengkap.

"Harapannya kegiatan ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi pengunjung dalam mendapatkan informasi lengkap, baik tentang haji dan umroh. Pasti ada penjelasan lebih detail tentang info haji umroh dari Himpuh," ucap dia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Himpuh Firman Taufik menyebut Isra Festival ini merupakan momen strategis bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk membuktikan eksistensinya. Terlebih, selama dua tahun terakhir PPIU menghadapi tantangan akibat pandemi Covid-19.

"Saatnya membuktikan eksistensi dari travel haji dan umroh. Penyelenggara haji dan umrah kini juga punya produk lain, yaitu wisata halal yang membawa pelancong berwisata ke dalam dan luar negeri," ujarnya.

Wisata halal atau wisata ramah Muslim disebut berbeda dengan tur umum lainnya. Selama kegiatan, akan diperhatikan betul waktu shalat, kehalalan makanan yang diberikan, serta penjelasan destinasi dari sisi perkembangan Islam.

Firman lantas menyebut musim Umrah telah dimulai pada awal 2022. Hal ini dilaksanakan dengan kebijakan bertahap, yang mana baru pertengahan tahun setelah haji umrah dilaksanakan dengan lebih luwes, dan kini tercatat 500 ribu jamaah Indonesia sudah berangkat.

Ketelitian umat Muslim dalam memilih agen travel akan dibahas pula oleh Himpuh dalam kegiatan talkshow di hari pertama Isra Festival 2022. Tema yang diangkat adalah "Transparansi Biaya Umrah di Indonesia: Jangan Tergiur dengan Harga Murah". 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement