Kamis 15 Dec 2022 22:10 WIB

Ciri Khas Keramik Peninggalan Islam

Teknik pembuatan keramik Islam memang terkenal sangat unik.

Pelajar memotret koleksi keramik peninggalan sejarah di Museum Bandar Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (12/10/2022). Kegiatan kunjungan edukasi siswa tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional yang mengangkat tema Museum Sebagai Sumber Insirasi Bangsa.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Pelajar memotret koleksi keramik peninggalan sejarah di Museum Bandar Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (12/10/2022). Kegiatan kunjungan edukasi siswa tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional yang mengangkat tema Museum Sebagai Sumber Insirasi Bangsa.

IHRAM.CO.ID,Seni pembuatan tembikar atau keramik merupakan salah satu keahlian yang dimiliki para seniman Muslim di era kejayaan. Hampir di setiap wilayah kekuasaan Islam beragam seni rupa berkembang pesat - menandakan bahwa peradaban umat Muslim di zaman itu mengalami masa keemasan. Keramik atau tembikar yang diproduksi para seniman Muslim pun dikenal sangat berkualitas tinggi.

Teknik pembuatan keramik Islam memang terkenal sangat unik. Para seniman Muslim secara gemilang mampu membuat keramik dengan memadukan bahan seperti emas dan perak. Sehingga, tembikar yang dihasilkan diakui sangat anggun dan cantik. Terlebih keramik Islam menghadirkan kilauan metalik yang memukau setiap pecinta keramik.

Baca Juga

Lantaran Islam berawal dari Jazirah Arab, sedikit-banyak seni pembuatan keramik yang tersebar di dunia Islam banyak dipengaruhi kebudayaan Arab. Pembuatan keramik di dunia Islam sangat berhubungan dengan beberapa aspek kehidupan sehari-hari, baik itu untuk memenuhi kebutuhan public maupun kebutuhan pribadi.

Para seniman Muslim di era kekhalifahan telah membuat beragam bentuk lantai keramik yang digunakan untuk menghiasi dinding dan lantai. Tak cuma itu, para seniman pun membuat beragam barang kebutuhan sehari-hari seperti, cangkir, gelas, piring, mangkuk, botol, dan penampung air dari tembikar. Salah satu faktor yang membuat tembikar dan keramik Islam unik adalah bentuk dan hiasannya. Keramik dengan desain ukiran merupakan salah satu jenis produk yang banyak ditemukan di dunia Islam.

 

Produksi jenis keramik ini dimulai pada era kekuasaan Dinasti Abbasiyah. Ciriciri keramik jenis ini memiliki desain geometris atau bentuk-bentuk flora yang dimasukan dengan cara distempel. Keramik jenis ini dapat ditemukan di Samara, Irak, dan Fustat, Mesir.

Keramik jenis ini diproduksi sebagai bentuk penghormatan kepada Dinasti Fatimiyah dan Aybiyah yang berkuasa di Mesir pada abad ke-11 M hingga 13 M. Tak heran, jika keramik jenis ini banyak ditemukan di Mesir. Keramik jenis ini juga dihiasi dengan beragam motif seperti flora, fauna, serta kaligrafi.

Seni membuat keramik sebagai bagian dari seni rupa Islam merupakan perpaduan seni dari daerahdaerah taklukan akibat adanya ekspansi oleh kerajaan bercorak Islam di se kitar Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Kecil, Eropa. Wilayah itu didefinisikan sebagai Persia, Mesir, Moor, Spanyol, Bizantium, India, Mongolia, dan Seljuk. Selain itu ditemu kan pula pengaruh aki bat hubungan dagang, seperti Tiongkok. Keberagaman pengaruh inilah yang membuat seni rupa Islam sangat kaya.

sumber : Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement