Ahad 18 Dec 2022 19:55 WIB

Memahami Seruan Berolahraga

Bagi seorang Muslim agar tidak berlebihan dalam berolahraga.

Atlet Horseback Archery memanah sasaran (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Atlet Horseback Archery memanah sasaran (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Pimpinan Pondok Pesantren Atlet Ibnu Mannan Banyuwangi, KH Ahmad Syifa Nailul Wafar, mengatakan, dengan berolahraga, seorang hamba akan mendapatkan tubuh yang sehat dan pada akhirnya berdampak terhadap sehatnya akal. Menurut Kiai Syifa, dalam sebuah hadis Rasulullah menyebut beberapa cabang olahraga untuk digeluti dan diajarkan.

Di antaranya adalah memanah, berkuda, dan berenang. Namun, menurut dia, yang perlu dipahami oleh setiap Muslim adalah substansi hadis tersebut, yakni seruan Rasulullah kepada umatnya untuk berolahraga. Terlebih untuk menggeluti olahraga yang mengasah ketepatan dan ketangkasan serta meningkatkan kekuatan.

Baca Juga

Akan tetapi, menurut Kiai Syifa, bagi seorang Muslim agar tidak berlebihan dalam berolahraga.Jangan juga kegiatan olahraga membuat lalai dan lupa dengan kewajiban untuk menjalankan ibadah shalat. Kiai Syifa mendorong agar generasi muda banyak yang berprestasi di dunia olahraga dengan menjunjung tinggi sportivitas.

Islam sangat mendukung adanya prestasi, baik dalam bidang olahraga maupun di bidang yang lain, sesuai dengan ayat Alquran.Berlomba-lombalah dalam kebaikan, maka Islam sangat menganjurkan prestasi yang menjunjung tinggi sportivitas,katanya.

sumber : Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement