Ahad 01 Jan 2023 22:22 WIB

Istana Maimoon Jadi Favorit Warga Isi Liburan Tahun Baru

Kunjungan warga ke lokasi Istana Maimoon itu, dimulai sejak pukul 08.00

Seorang wanita menunjukan aplikasi Istana Maimoon seusai diluncurkan, di Medan, Sumatra Utara, Kamis (16/2).
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Seorang wanita menunjukan aplikasi Istana Maimoon seusai diluncurkan, di Medan, Sumatra Utara, Kamis (16/2).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Istana Maimoon yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso Kota Medan, Sumatera Utara, ramai dikunjungi warga setempat dan pengunjung dari luar daerah pada libur Tahun Baru 2023, Ahad..

Dari pantauan, kunjungan warga ke lokasi Istana Maimun itu, dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga sore harinya pukul 17.00 WIB.

Baca Juga

Bangunan Istana Maimoon yang cukup megah dengan corak menarik didominasi warna kuning yang merupakan peninggalan Kerajaan Deli itu, tidak hanya ramai dikunjungi warga Medan, melainkan juga warga dari Provinsi Aceh, Binjai, Langkat, Deli Serdang dan beberapa daerah lainnya di Provinsi Sumatera Utara.

Lokasi Istana Maimoon yang berada di tengah Kota Medan itu, juga ada permainan anak-anak berupa mobil-mobilan ukuran kecil dan dapat menunggang kuda mengelilingi halaman depan istana yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Istana Maimoon tersebut juga ramai dikunjungi para orang tua, remaja dan anak-anak untuk merayakan Tahun Baru 2023 di Kota Medan. Istana Maimoon memiliki luas 2.772 M2, terdiri dari 30 ruangan yang didirikan oleh keturunan raja ke-IX Kesultanan Deli, yaitu Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Istana Maimoon tersebut dibangun pada 26 Agustus 1888 dan baru diresmikan 18 Mei 1891. Istana Maimoon didominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu.

Bangunan yang kelihatan begitu kokoh dan megah, konsep arsitekturnya unik, cantik, dan memiliki karakter unsur tradisional yang khas Indonesia dengan sentuhan Melayu. Bahkan bentuk maupun ornamen Istana Maimun itu dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan, antara lain Melayu, Islam, Spanyol, China, India dan Italia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement