Jumat 06 Jan 2023 14:49 WIB

Aturan Baru! Air Zamzam Hanya Boleh Dibawa Pulang Pemegang Visa Umroh dan Haji

Ada kekhawatiran air zamzam dieksploitasi secara berlebihan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Petugas membongkar ribuan galon air zamzam di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes), Selasa (23/7). Aturan Baru! Air Zamzam Hanya Boleh Dibawa Pulang Pemegang Visa Umroh dan Haji
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Petugas membongkar ribuan galon air zamzam di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes), Selasa (23/7). Aturan Baru! Air Zamzam Hanya Boleh Dibawa Pulang Pemegang Visa Umroh dan Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Wakil Presiden Eksekutif untuk Urusan Haji dan Umroh Arab Saudi Essam F. Nour mengatakan hanya pemegang visa umroh atau haji yang dapat berangkat dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah dengan membawa air zamzam. Aturan ini dijelaskan otoritas terkait seperti dikutip di situs resmi Haramain Sharifain, Senin (2/1/2023).

Sebuah surat edaran internal telah didistribusikan ke Bandara dan otoritas penerbangan yang menginstruksikan bahwa hanya satu dari botol reguler (5 liter) yang dibolehkan untuk dibawa lewat transportasi udara. Air zamzam diproduksi dari tanah Makkah oleh proyek Air Raja Abdullah bin Abdulaziz Zamzam.

Baca Juga

Dilansir dari The Islamic Information, Rabu (4/1/2023), keputusan tersebut ditanggapi dengan reaksi beragam. Beberapa pihak memujinya sebagai cara melestarikan air suci dan melindunginya dari eksploitasi. Sebaliknya, yang lain mengkritiknya terutama bagi mereka yang mengandalkan air zamzam untuk kesehatan.

Air zamzam diyakini banyak Muslim memiliki khasiat penyembuhan yang unik, diambil dari sebuah sumur di Makkah dan telah lama menjadi oleh-oleh populer bagi mereka yang mengunjungi Arab Saudi untuk ziarah keagamaan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ada kekhawatiran air tersebut dieksploitasi secara berlebihan dan dikomersialkan, sehingga otoritas Saudi mengambil tindakan melindunginya.

Banyak pihak menilai harus dilihat bagaimana pembatasan baru ini akan berdampak pada ketersediaan air zamzam. Hingga pengalaman para peziarah yang mengunjungi Arab Saudi untuk keperluan keagamaan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement