Senin 23 Jan 2023 17:15 WIB

Di Masjid Nabawi, 50 Kendaraan Listrik Dikerahkan Bawa Lansia dan Penyandang Disabilitas

Kendaraan listrik itu juga membawa mereka yang berkebutuhan khusus di Masjid Nabawi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Di Masjid Nabawi, 50 Kendaraan Listrik Dikerahkan Bawa Lansia dan Penyandang Disabilitas. Foto:   Ilustrasi Itikaf di Masjid Nabawi
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Di Masjid Nabawi, 50 Kendaraan Listrik Dikerahkan Bawa Lansia dan Penyandang Disabilitas. Foto: Ilustrasi Itikaf di Masjid Nabawi

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Sheikh Dr Abdulrahman al-Sudais menyampaikan, lebih dari 50 kendaraan listrik telah dikerahkan untuk membawa para jamaah lanjut usia (lansia). Kendaraan listrik itu juga membawa mereka yang berkebutuhan khusus di Masjid Nabawi.

 "Hal itu sebagai bagian dari proyek untuk meningkatkan pengalaman para lansia dan penyandang disabilitas, bekerja sama dengan Otoritas Umum untuk Awqaf dan Program Doyof (Tamu) Al Rahman," ujarnya, seperti dilansir Al Riyadh, Senin (23/1/2023).

Baca Juga

Hal itu disampaikan Sheikh al-Sudais saat mengikuti sesi ke-2 Forum Ilmiah Riset Haji, Umrah, dan Kunjungan ke-22 yang diselenggarakan oleh Universitas Umm Al-Qura yang diwakili oleh Lembaga Riset Haji dan Umrah Dua Masjid Suci.

Sheikh al-Sudais melanjutkan, ada lebih dari 100 juta jamaah yang telah masuk dan keluar Masjidil Haram sejak awal tahun 1444 H, yang dalam kalender Masehi dimulai 30 Juli 2022. "Sementara sekitar 1.193.000 jamaah sudah bisa sholat di Hijr Ismail sejak awal tahun 1444 H," kata Sheikh al-Sudais.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyebutkan, ada lebih dari 1.500.000 tamu yang mendapat manfaat dari layanan transportasi kendaraan dalam satu tahun.

Masjidil Haram sekitar dua pekan lalu juga memberikan pengalaman khusus bagi kalangan muda. Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci memberikan pengalaman khusus bagi generasi muda dengan menyelenggarakan tur untuk anak-anak di sekitar Masjidil Haram pada Sabtu lalu.

Selama tur, anak-anak dari Al-Fikr, Al-Mawaheb Center dan Al-Abna Al-Nujabaa School Center diperlihatkan Ka'bah dan melakukan tawaf. Kegiatan ini meliputi tata cara  memasuki Masjidil Haram, cerita tentang para Nabi dan kegiatan interaktif untuk memperkaya pengetahuan anak-anak dan memajukan sistem pendidikan bagi perempuan.

Mereka juga diberikan informasi tentang etika Islam dan bagaimana mereka dimuliakan oleh Nabi dan para sahabat. Para siswa juga didorong untuk mengambil bagian dalam kegiatan interaktif yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Masjidil Haram adalah masjid yang mengelilingi Ka'bah di Makkah. Masjidil Haram mencakup situs penting lainnya. Antara lain Hajar Aswad, Sumur Zamzam, Maqam Ibrahim, dan perbukitan Safa dan Marwa.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement