Sabtu 18 Feb 2023 10:05 WIB

Irak akan Kirim 90 Ribu Ton Bahan Bakar ke Turki dan Suriah

Gempa merusak infrastruktur energi Turki dan pelabuhan utama di Iskenderun.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
 Orang-orang menghadiri shalat Jumat di tenda penampungan setelah gempa bumi dahsyat, di Hatay, Turki, Jumat (17/2/2023).  Hampir 44.000 orang tewas dan ribuan lainnya terluka setelah dua gempa bumi besar melanda Turki selatan dan Suriah utara pada 06 Februari. Pihak berwenang khawatir jumlah korban tewas akan terus meningkat karena tim penyelamat mencari korban selamat di seluruh wilayah. Irak akan Kirim 90 Ribu Ton Bahan Bakar ke Turki dan Suriah
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Orang-orang menghadiri shalat Jumat di tenda penampungan setelah gempa bumi dahsyat, di Hatay, Turki, Jumat (17/2/2023). Hampir 44.000 orang tewas dan ribuan lainnya terluka setelah dua gempa bumi besar melanda Turki selatan dan Suriah utara pada 06 Februari. Pihak berwenang khawatir jumlah korban tewas akan terus meningkat karena tim penyelamat mencari korban selamat di seluruh wilayah. Irak akan Kirim 90 Ribu Ton Bahan Bakar ke Turki dan Suriah

IHRAM.CO.ID, BAGHDAD -- Pemerintah Irak akan memasok bahan bakar sulfur tinggi ke Turki dan Suriah, setelah dua gempa bumi besar melanda kedua negara tetangga itu pada 6 Februari lalu. 

Dilansir dari Daily Sabah, Jumat (17/2/2023), Irak akan mengirim 30 ribu ton bahan bakar ke Turki dan 60 ribu ton ke Suriah. Gempa bumi, yang berpusat di Kahramanmaras dan menyebabkan kematian dan kehancuran yang meluas di Turki.

Baca Juga

Gempa ini dirasakan di sembilan provinsi lain Hatay, Gaziantep, Adıyaman, Malatya, Adana, Diyarbakır, Kilis, Osmaniye, dan Şanlıurfa. Gempa mematikan itu telah merusak infrastruktur energi Turki dan pelabuhan utama di Iskenderun.

photo
Seorang pekerja menempel stiker bertuliskan donasi dari Palestina untuk rakyat Turki, sementara dia menyiapkan kiriman perlengkapan tidur untuk para korban gempa bumi di Turki dan Suriah yang sekarang terkena cuaca musim dingin yang membekukan, di sebuah pabrik Palestina di Kota Hebron di Tepi Barat, Kamis (16/2/2023). Warga Palestina telah turun tangan untuk membantu mereka yang terhuyung-huyung akibat gempa dahsyat di Turki dan Suriah, dengan Otoritas Palestina bahkan mengirimkan tim medis dan ahli lainnya untuk mendukung penyelamatan Turki dan Suriah upaya. - (AP Photo/Nasser Nasser)

Kerusakan parah telah ditimbulkan pada jalur transmisi dan distribusi listrik dan gas alam. Setidaknya 35.418 orang meninggal, sementara ribuan orang terluka di 10 provinsi. Sebelumnya, PBB juga meluncurkan seruan bantuan sebesar 1 miliar dolar (Rp 15,2 triliun) untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah.

 

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan dalam sebuah pernyataan dana tersebut akan memberikan bantuan kemanusiaan selama tiga bulan kepada 5,2 juta orang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement