Rabu 22 Feb 2023 06:25 WIB

Arab Saudi Perluas Sisi Utara Masjidil Haram

Perluasan dilakukan untuk melayani jamaah haji dan umroh.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Masjidil Haram. Arab Saudi Perluas Sisi Utara Masjidil Haram
Foto: Republika/ali yusuf
Masjidil Haram. Arab Saudi Perluas Sisi Utara Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Pemerintah Arab Saudi tengah melakukan perluasan Masjidil Haram. Kali ini perluasan dilakukan di sisi utara masjid. 

Detail arsitektur dipadukan dengan warisan Islam yang sudah lama ada digunakan untuk menghiasi berbagai dinding, kubah, dan artefak di Masjidil Haram serta mempertimbangkan aliran udara dan cahaya alami.

Baca Juga

Melansir Saudi Gazette, Ahad (19/2/2023), Presidensi Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi berupaya untuk mengintensifkan operasi pembersihan, sanitasi dan pewangi sepanjang waktu, memastikan pengoperasian minuman air zamzam, mengamankan wadah, melengkapi pintu, dan menyediakan karpet di semua tempat sholat dan mencuci semua atap pada semua perluasan lantai.

Semua tim dialokasikan untuk memantau pengoperasian eskalator, lift, dan sistem pencahayaan dalam dan luar ruangan untuk memastikan kejernihan sistem suara dan pengoperasian sistem pendingin udara sesuai dengan standar suhu cuaca dan kemurnian udara.

 

Kepresidenan menyediakan kendaraan listrik untuk penyandang disabilitas di semua tempat ibadah dan dua ruang ambulans yang dilengkapi dengan peralatan kesehatan modern, alat kejut listrik jantung, dan Automated External Defibrillator (AED) yang tersebar di perluasan utara. Khusus untuk penyandang disabilitas mereka juga menyediakan pintu masuk, keluar, dan toilet agar dapat memenuhi kebutuhan mereka yang berbeda.

Badan Ekspansi Utara di kepresidenan mengawasi kerja perluasan utara Masjidil Haram bagian penerimaan pengunjung diantaranya sistem layanan lapangan, rencana sistematis, peralatan otomatis, dan sumber daya manusia dari para insinyur, teknisi, pengawas, dan pekerja yang bekerja sepanjang waktu untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Wakil Presiden untuk Ekspansi Utara Hmoud bin Saleh Al Iyadah mengatakan kepresidenan tertarik untuk menyediakan semua layanan yang dapat memastikan kesesuaian dan keamanan pengunjung Masjidil Haram. Mereka juga mengembangkan semua pekerjaan dan layanan, mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan untuk kualitas hasil, dan mengaktifkan kerja sama dengan departemen dan administrasi terkait dalam memperkaya pengalaman pengunjung Masjidil Haram.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement