Rabu 24 May 2023 17:16 WIB

Perhatikan Tips Ini Agar Jamaah Tetap Aman Selama Ibadah di Tanah Suci

Foto kartu kamar dan ingat nama hotel untuk antisipasi jika tersesat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah calon haji (Calhaj) Kloter 3 berjalan usai menerima berkas pengesahan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (24/5/2023). Ada sebanyak 29.657 jamaah calon haji (calhaj) yang akan berangkat dari Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi.Para jamaah akan tinggal di Asrama Haji selama 24 jam sebelum berangkat ke Bandara.Perbedaan dalam pelaksanaan haji tahun ini dibandingkan dengan tahun adalah tahapan mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pemberian biaya hidup (living cost) atau uang saku dilakukan sesaat setelah kedatangan jemaah calon haji.
Foto:

3. Bila menemukan barang di jalan, jangan pernah diambil meski niatnya baik

Bila menemukan barang yang bukan milik diri sendiri, ada baiknya jangan diambil. Bagi siapa pun yang menemukan dapat melaporkannya kepada polisi Arab Saudi, yang disebut Askar.

"Kita niat baik akan mengambil atau mengembalikan barang tersebut, tapi orang lain mengira kita akan mengambil barang yang bukan barang kita. Jadi kita malah akan dituntut sebagai pencuri. Sebaiknya jangan diambil, akan tetapi laporkan saja ke polisi Arab Saudi," lanjut dia.

Ia pun menyebut di Arab Saudi, kamera pengawas atau CCTV tersedia di mana-mana. Perangkat ini akan memantau setiap aktivitas orang.

4. Tidak boleh mengibarkan spanduk dan merokok di sembarang tempat

Bayu lantas meminta para ketua rombongan agar bertanggung jawab kepada jamaahnya. Mereka juga bisa mengingatkan hal-hal apa saja yang dilarang di Arab Saudi.

Salah satu yang wajib diperhatikan adalah tidak boleh mengibarkan spanduk, tidak boleh merokok di sembarang tempat, dan larangan lainya.

"Masih banyak hal-hal yang dilarang oleh polisi Arab Saudi. Hal-hal demikian yang mungkin perlu disosialisasikan dari ketua rombongan, masing-masing ketua rombongan agar meminimalisir kejadian-kejadian yang bisa terjadi kepada jamaah," ujar Bayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement