Rabu 02 Aug 2023 19:49 WIB

Menlu Israel Sebut akan Buka Penerbangan Langsung ke Makkah pada 2024

Penerbangan langsung untuk melayani jamaah haji Arab-Israel.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen.
Foto:

Yang terjadi sekarang, kata Cohen, adalah Muslim Israel-Arab harus mengambil rute rumit melalui Yordania yang biayanya bisa empat kali lipat. Orang Saudi pun dinilai dapat memahami manfaat ekonomi dari normalisasi dengan Israel. Dia mengklaim Israel bukan musuh Arab Saudi, melainkan mitra.

"Musuh mereka (Arab Saudi) adalah Iran,” katanya.

Pekan lalu, Pemerintah Israel menyetujui proyek kereta api nasional baru, yang menurut Netanyahu, merupakan kaki pertama dari jalur kereta regional yang dapat menghubungkan Yerusalem dengan Riyadh.

Dalam sebuah wawancara dengan NBC yang diterbitkan pada hari Selasa, (1/8/2023), Netanyahu mengatakan bahwa kesepakatan semacam itu akan menjadi lompatan besar dalam hubungan regional dan mengakhiri konflik Israel-Arab.

"Sekarang kita memiliki kesempatan untuk mungkin mulai mengakhiri konflik Arab-Israel dengan Arab Saudi," kata Netanyahu.

Hal itu apabila berhasil diklaim sebagai sebuah langkah yang akan membawa perdamaian antara Muslim dengan Yahudi. Pihaknya tidak akan membahas secara spesifik negosiasi tentang bagaimana mencapainya. "Jika semudah itu (sudah) dilakukan,” kata Netanyahu.

Dia menambahkan menghargai pemerintahan Biden untuk menyelesaikan kesepakatan Israel-Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement