Kamis 31 Aug 2023 15:24 WIB

Amphuri Nilai Jamaah Umroh Mandiri Ilegal karena tidak Sesuai UU

Arab Saudi memiliki aplikasi umroh mandiri bernama Nusuk.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah bersiap melaksanakan sholat Isya di halaman Masjidil Haram, Sabtu (3/6/2023).
Foto:

Terkait prospek ke depan, menurut Firman, selama negara masih melindungi sektor usaha ini sesuai dengan aturan, maka umroh mandiri bukanlah sebuah ancaman. Karena beberapa waktu lalu, kementerian agama menemukan pemberangkatan umroh yang tak sesuai aturan, maka Kemenag berhak meminta maskapai menggagalkan keberangkatan mereka.

Sebelumnya, kreator konten dan traveler Danang Giri Sadewa membagikan sejumlah tip bagi jamaah yang berminat melakukan umroh mandiri atau tanpa biro wisata. Menurut Danang, umroh mandiri lebih cocok bagi mereka yang sudah punya pengalaman keluar negeri setidaknya sekali. 

Sebab, melakukan umroh mandiri akan jauh berbeda dibandingkan dengan wisata biasa. Danang sangat merekomendasikan mencoba melakukan umroh mandiri bagi mereka yang sudah pernah umroh karena akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan bisa lebih fokus beribadah. 

 

Namun, bagi mereka yang belum pernah umroh, disarankan pakai biro wisata karena akan banyak hal yang tak terduga nantinya. "Kalau mencari pengalaman boleh mandiri tapi kalau belum ada pengalaman, saranku jangan dulu karena bakal banyak hal tak terduga," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement