Selasa 12 Mar 2024 23:51 WIB

Arab Saudi Haruskan Jamaah Umroh Kenakan Masker

Memakai masker melindungi jamaah umroh dari penyakit menular.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Suasana di Kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (29/4/2023).
Foto:

Pihak berwenang Saudi telah memobilisasi semua pengaturan dan persiapan untuk memastikan para jamaah dan jamaah dapat melakukan ibadah mereka dengan mudah dan nyaman. Jamaah umroh dapat memasuki Masjidil Haram melalui Gerbang King Abdulaziz, Gerbang Raja Fahd, Gerbang Umrah, dan Gerbang Al-Salam.

Pintu keluar yang ditetapkan meliputi perlintasan samping 78–80, tangga 74, tangga biasa 71-73-85-88, tangga King Fahd, pintu 75-77 dan 81–83. Adapun tangga Al-Shubaika diperuntukkan untuk keadaan darurat.

Adapun bus yang mengangkut jamaah tidak diberi akses ke area masjid. Sebaliknya, mereka berhenti di tempat parkir yang telah ditentukan untuk memperlancar lalu lintas dan menghindari kemacetan.

Setelah menunaikan umroh, banyak jamaah yang menuju ke Madinah untuk sholat di Masjid Nabawi, tempat tersuci kedua umat Islam, dan mengunjungi tempat-tempat Islam lainnya di kota tersebut. Pihak berwenang Saudi yang bertanggung jawab atas Masjid Nabawi mengatakan mereka siap melayani jamaah dalam jumlah besar di bulan Ramadhan.

Lebih dari 8,5 juta makanan berbuka puasa diperkirakan dibagikan kepada jamaah untuk mengakhiri puasa subuh mereka selama Ramadhan. Sekitar 2,5 juta botol air Zamzam yang diberkahi akan dibagikan di masjid selama bulan lunar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement