Rabu 17 Apr 2024 19:49 WIB

Kemenag Sumut: Ada Tiga Hak Bagi Calon Jamaah Haji

Calhaj Sumut tahun ini terbagi dalam 25 kloter.

Calon jamaah haji embarkasi Medan di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Sabtu (11/6/2022).
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Calon jamaah haji embarkasi Medan di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Sabtu (11/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ahmad Qosbi menyebut calon jamaah haji berhak mendapatkan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan.

 

Baca Juga

"Ada tiga hal menjadi hak calon jamaah haji, yakni pertama mendapat pembinaan," ucap Ahmad ketika menyapa 467 jamaah calon haji asal Kabupaten Langkat di Stabat, Langkat, Sumut, Rabu (17/4/2024).

 

Pembinaan calon jamaah haji asal Sumut, seperti bimbingan manasik haji nantinya akan diberikan di asrama haji maupun sewaktu melaksanakan ibadah haji. Kedua, calon jamaah haji asal Sumut juga akan mendapatkan pelayanan selama melaksanakan ibadah haji, baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi.

 

"Para tamu-tamu Allah SWT ini nanti dilayani secara maksimal, seperti adanya pelayanan kesehatan, pelayanan akomodasi, pelayanan konsumsi dan pelayanan transportasi," kata Ahmad didampingi Kepala Kantor Kemenag Langkat Ainul Aswad.

 

Menurutnya, nanti ada petugas memberikan pelayanan pada bidang-bidang tersebut. Calon jamaah haji asal Sumut jangan ragu meminta bantuan kepada petugas haji.

 

Ketiga, calon jamaah haji Indonesia akan mendapat perlindungan, baik perlindungan identitas maupun perlindungan kesehatan. "Bapak ibu akan menerima paspor, dan nanti ada gelang identitas berisi data-data bapak ibu. Jadi nanti dipakai karena gelang ini jadi salah satu tanda mengenali kita jemaah dari Sumatera Utara," ujarnya.

 

Data Kantor Wilayah Kemenag Sumut menyebut kuota haji reguler di 2024 berjumlah 8.624 orang terdiri atas 8.111 calon haji, 416 calon haji lansia, 66 petugas haji, dan 31 orang pembimbing kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU).

 

"Jamaah mendapat perlindungan jiwa dan perlindungan kesehatan," ujar Ahmad yang juga didampingi oleh Ketua Tim Humas, Data dan Informasi Kantor Wilayah Kemenag Sumut Mulia Banurea.

 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kemenag Sumut Zulfan Efendi sebelumnya menyebutkan kelompok terbang (Kloter) I Embarkasi Haji Medan dijadwalkan berangkat pada 12 Mei 2024. "Kloter I terbang ke Arab Saudi tanggal 12 Mei 2024," ucapnya.

 

Menurutnya, jamaah calon haji asal Sumatra Utara yang merupakan Kloter 1 Embarkasi masuk Asrama Haji Medan pada 11 Mei 2024. Untuk pemberangkatan calon jamaah haji asal Sumatera Utara tahun ini terbagi sebanyak 25 kloter dengan total jamaah calon haji 8.624 orang, termasuk 296 kuota tambahan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement