Sabtu 11 Apr 2020 22:25 WIB

Makkah Kota yang Diberkahi Allah

Allah memberkahi Kota Makkah.

Makkah Kota yang Diberkahi Allah. Foto: Pemandangan kota Makkah pada abad ke 11 Masehi.
Foto: Abdul Hadi WM
Makkah Kota yang Diberkahi Allah. Foto: Pemandangan kota Makkah pada abad ke 11 Masehi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Makkah adalah kota yang diberkahi Allah SWT. Hal ini sebagaimana firman-Nya dalam Surat Ali Imran ayat 96:

 إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَٰلَمِينَ 

Baca Juga

"Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia."

Maulana Muhammad Zakariya Al Khandahlawi dalam kitab Fadhilah Haji menuliskan, barangsiapa memasuki Makkah akan memperoleh keselamatan dari api neraka jika melakukan amal-amal baik.

 

Melakukan amal-amal ibadah di Makkah juga mendapat balasan pahala yang berlipat ganda. Misalnya, sholat di Masjidil Haram pahalanya setara dengan 100 ribu kali sholat.

Hasan Bashri, seorang tabiin yang berguru langsung pada sejumlah sahabat nabi pernah menyebutkan sejumlah amalan yang pahalanya dilipatgandakan. Di antaranya, puasa satu hari di Makkah sama dengan berpuasa 100 ribu kali di tempat lain. Kemudian, bersedekah satu dirham di Makkah sama dengan 100 ribu dirham di tempat lain dan setiap amal kebaikan yang dilakukan di Makkah akan seperti melakukan 100 ribu kali kebaikan di tempat lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement