Senin 01 Mar 2021 21:22 WIB

Alquran Kitab Hidayah

Alquran Kitab Hidayah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Ilustrasi Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Alquran sebagai kitab adalah mukjizat Nabi Muhammad yang diperuntukkan kepada umat manusia kerap mengabadikan ilmu-ilmu pengetahuan seperti sains dan teknologi. Namun yang harus dipahami, meski terdapat isyarat tentang ilmu pengetahuan itu, sejatinya Alquran adalah Kitab Hidayah kepada manusia.

“Alquran itu Kitab Hidayah, bukan kitab sains dan teknologi. Tapi semua itu (sains dan teknologi) ada nggak di dalam Alquran? Ada. Keberadaan itu semua ada dalam rangka untuk memberi hidayah,” kata Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho dalam kajian live streaming, Ahad (28/2).

Baca Juga

Di sisi lain, beliau menjelaskan bahwa tak sedikit dari segelintir orang yang menuding bahwa Alquran adalah kitab yang tidak ilmiah. Salah satu contohnya adalah karena sifat penulisan dan redaksi Alquran yang tidak tematik. Seperti suatu kisah yang dipecah-pecah yang berada di berbagai surah berbeda.

Maka bagi beliau, prasangka dan tudingan mengenai Alquran dari orang-orang tadi sesungguhnya hanyalah hadir dari orang-orang yang tidak mengerti tentang Alquran. Adapun alasan mengapa suatu kisah selalu dipecah-pecah ke dalam Surah berbeda, kata beliau, adalah karena Alquran tidak menjabarkan suatu kisah secara njlimet.

“Bahkan seringkali pelaku nama pemilik kisahnya tidak disebutkan, misalnya ada Nabi Khidir di Surah Al-Kahfi itu (ada ayat tentang kisah Nabi Khidir, namun namanya tak ada sama sekali),” kata beliau.

Selanjutnya ada kisah dari Siti Hawa, murid Nabi Musa, dan lainnya yang namanya tidak disebutkan. Salah satu alasan lainnya, kata beliau, mengapa Alquran tak menyebutkan hal itu agar umat manusia tidak berfokus pada nama-nama dari kisah tersebut. Namun adalah dengan adanya kisah-kisah itu, Alquran dapat memberikan hidayah kepada umat manusia.

“Sengaja Allah tidak menyebutkan nama-namanya, mengapa? Karena agar manusia jangan fokus pada itunya saja, karena itu tuh nggak penting.  Tapi adalah bagaimana kisah-kisah tersebut bisa memberikan hidayah kepada manusia,” kata beliau.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement