Rabu 06 Oct 2021 13:27 WIB

Arkeolog Temukan Toilet Purba di Yerusalem

Toilet tersebut diperkirakan berusia 2.700 tahun

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Arkeolog (ilustrasi)
Foto: Reuters/MSNBC
Arkeolog (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, YERUSALEM -- Para arkeolog Israel menemukan toilet purba di Yerusalem. Pihak berwenang mengatakan toilet tersebut diperkirakan berusia 2.700 tahun ketika kamar mandi pribadi barang mewah di kota suci.

Otoritas Purbakala Israel mengatakan toilet terbuat dari batu kapur yang dihaluskan ditemukan di sebuah kabin persegi panjang yang merupakan bagian dari sebuah rumah mewah yang menghadap ke tempat yang kini Kota Suci. Toilet itu dirancang agar penggunanya dapat duduk dengan nyaman.

"Toilet bilik pribadi sangat jarang di zaman kuno dan hanya ditemukan beberapa pada zaman itu," kata direktur ekskavasi Yaakov Billig, Selasa (5/10) kemarin.

"Hanya orang kaya yang mampu memilikinya," tambah Billig.

 

Ia menambahkan seorang rabi terkenal pernah menyarankan pada orang kaya untuk 'memiliki toilet di sebelah mejanya'. Tulang-tulang binatang dan pot keramik ditemukan di dalam septik tank.

Otoritas Purbakala Israel mengatakan isi septic tank menunjukkan gaya hidup dan pola makan orang-orang yang hidup di zaman dahulu. Serta penyakit-penyakit mereka.

Arkeolog menemukan batu dan tiang besar dari zaman tersebut. Mereka mengatakan benda-benda itu bukti adanya taman buah-buahan dan tanaman air. Menunjukkan orang-orang yang tinggal di tempat itu cukup kaya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement