Senin 20 Dec 2021 16:26 WIB

ACT Bangun Sumur Wakaf Atasi Krisis Air Bersih di Deli Serdang

ACT Sumut membangun sumur wakaf di Desa Karang Gading, Deli Serdang

ACT membangun sumur air / Ilustrasi
Foto: Dok. ACT
ACT membangun sumur air / Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, MEDAN -- Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara membangun sumur wakaf di Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang untuk mengatasi krisis air bersih di daerah tersebut.

"Kita sudah bangun satu sumur dan MCK (mandi, cuci, kakus). Targetnya di desa ini ada tiga sumur yang akan dibangun," kata Staf Implementator Program ACT Sumut Muharram Dani, Senin (20/12).

Baca Juga

Ia menyebut masyarakat sekitar Desa Karang Gading selama ini hanya mengandalkan air keruh yang ada rawa-rawa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Air yang berbau dan keruh berwarna kehitam-hitaman mereka gunakan untuk mandi, mencuci bahkan untuk air minum serta menanak nasi. Tentu ini sangat berpotensi menjadi sumber penyakit, selain tak layak konsumsi dikhawatirkan air mengandung bakteri," ujarnya.

Menurut dia, untuk membeli air bersih, masyarakat setempat harus menempuh waktu setengah jam dari desa mereka.

"Kalaupun ada di desa tersedia tentulah harganya sudah lebih tinggi dibanding harga di luar desa. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga desa ini harus membeli dengan harga mahal," kata Dani.

Kondisi itulah yang membuat Global Wakaf-ACT Sumut berupaya mengatasi permasalahan air bersih dengan membangun sumur dan fasilitas MCK.Salah satu penerima manfaat, Usman menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian ACT Sumut dengan membangun sumur wakaf dan MCK di Desa Karang Gading.

"Kami sangat berterima kasih kepada Global Wakaf dan ACT serta para donatur yang telah menghadirkan sumur di desa kami," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement