Ahad 27 Mar 2022 20:45 WIB

Arab Saudi Gelar Lokakarya Kaji Rencana Penghijauan

Saudi Gelar Lokakarya Kaji Rencana Penghijauan Arab.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Taman Hutan Raghadan, Keindahan Alam di Al-Baha Arab Saudi
Foto: Arab News
Taman Hutan Raghadan, Keindahan Alam di Al-Baha Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Lokakarya pertama untuk mempelajari rencana penghijauan Saudi Green Initiative akan diadakan pada Ahad (27/3) waktu setempat. Proyek ini bertujuan mempelajari realitas dan masa depan penghijauan di Arab Saudi untuk mencapai target yang ditetapkan oleh Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman.

Target tersebut ialah menanam 10 miliar pohon di Kerajaan, yang setara dengan merehabilitasi 40 juta hektar, selama beberapa dekade mendatang untuk mencapai vegetasi yang sejahtera dan berkelanjutan, sebagaimana dilansir Arab News, Ahad (27/3).

Baca Juga

Menteri Lingkungan, Air dan Pertanian Saudi Abdul Rahman Al-Fadhli, yang juga ketua dewan direktur Pusat Nasional untuk Tutupan Vegetasi dan Memerangi Desertifikasi, mensponsori lokakarya tersebut.

Lokakarya ini adalah yang pertama dari sekian banyak yang akan diadakan selama pelaksanaan proyek. Tujuannya mengumpulkan informasi, bertukar pengalaman, mengkoordinasikan upaya, dan mengaktifkan kemitraan antara berbagai pihak yang berpartisipasi dalam proyek. Lokakarya ini akan dikhususkan untuk sektor publik dan swasta, sektor nirlaba, di samping sektor keuangan, akademik dan penelitian.

Lokakarya tersebut bekerja sama dengan beberapa mitra lokal dan pakar internasional. Pusat Nasional untuk Tutupan Vegetasi dan Memerangi Penggurunan berusaha untuk menilai realitas aforestasi di Kerajaan, menentukan kebutuhan masa depan, dan mengembangkan mekanisme survei lapangan dan aturannya. Hal ini untuk mengembangkan peta digital, dan membangun platform elektronik geospasial untuk penghijauan.

Tujuan akhirnya adalah untuk mencapai rencana strategis yang komprehensif untuk penghijauan dan mengembangkan rencana eksekusi untuk mengelola kemitraan dengan berbagai sektor dan entitas.

Pusat itu juga bekerja pada pelaksanaan sejumlah besar proyek untuk meningkatkan tutupan vegetasi melalui penanaman pohon, penyebaran benih, melindungi dan mengendalikan lokasi vegetasi, merehabilitasi yang terdegradasi, mendeteksi perambahan, memerangi penebangan, dan melindungi dan berinvestasi di hutan dan taman nasional, yang mempromosikan pembangunan lingkungan dan ekonomi yang berkelanjutan.

Inisiatif Hijau Saudi dan Inisiatif Hijau Timur Tengah bertujuan menanam 50 miliar pohon secara total di seluruh wilayah dan mengurangi emisi karbon lebih dari 10 persen dari kontribusi global. Ini sebagai bagian dari upaya Kerajaan untuk memperkuat kemitraan regional dan internasional untuk menghadapi dan mengatasi tantangan lingkungan, melindungi planet ini dan memerangi perubahan iklim.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement