Senin 23 Jan 2023 11:28 WIB

Warga Pakistan Apresiasi Arab Saudi Kurangi Biaya Asuransi Umroh

Arab Saudi mengumumkan tarif asuransi jamaah umroh turun dari 235 menjadi 87 riyal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Warga Pakistan Apresiasi Arab Saudi Kurangi Biaya Asuransi Umroh
Foto: EPA-EFE/ASHRAF AMRA
Warga Pakistan Apresiasi Arab Saudi Kurangi Biaya Asuransi Umroh

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD -- Pejabat dan jamaah Pakistan mengapresiasi Arab Saudi atas upaya mereka membuat umroh lebih mudah diakses oleh umat Islam di seluruh dunia. Pengurangan biaya asuransi komprehensif baru-baru ini sebesar 63 persen dinilai sebagai isyarat kemurahan hati.

Pekan lalu, Kementerian Haji dan Umroh Kerajaan mengumumkan penurunan besar dalam tarif asuransi untuk jamaah dari 235 menjadi 87 riyal Saudi. Keputusan tersebut merupakan bagian dari beberapa langkah yang diambil otoritas Saudi untuk memfasilitasi jamaah umroh.

Baca Juga

Sebelumnya, otoritas Saudi juga memberlakukan perpanjangan masa berlaku visa dari 30 menjadi 90 hari, serta mengizinkan perempuan menunaikan ibadah haji tanpa wali laki-laki. “Pemerintah Saudi harus dipuji atas upaya mereka dalam membuat umrah lebih mudah diakses jamaah dari luar negeri,” kata juru bicara konsulat Pakistan di Jeddah, Hamzah Gilani, dikutip di Daily Times, Senin (23/1/2023).

Ia menyebut keputusan ini merupakan sikap yang sangat murah hati. Ini juga menunjukkan komitmen pemerintah ASaudi dalam menegakkan tradisi agama, sekaligus menyediakan lingkungan yang aman bagi mereka yang mencari pemenuhan spiritual melalui umroh.

Juru Bicara Kementerian Urusan Agama Pakistan Muhammad Umar Butt mengenang langkah besar yang diambil kerajaan untuk memfasilitasi jamaah haji dan umroh dalam beberapa bulan terakhir. Ia mengatakan Kerajaan akan berupaya membantu meningkatkan kualitas perjalanan spiritual bagi umat Islam yang tinggal di seluruh dunia.

"Ini adalah langkah-langkah yang terpuji dan menunjukkan Kerajaan ingin meningkatkan pengalaman jamaah, serta mengurangi pengeluaran mereka agar biaya perjalanan terjangkau bagi semua umat Islam,” ujar dia.

Salah satu jamaah umroh asal Pakistan yang tiba di Makkah Sabtu (21/1/2023), Osama Ahmed, mengatakan pengurangan biaya asuransi telah diumumkan pada saat semuanya semakin mahal di seluruh dunia. Pengurangan itu dinilai memiliki dampak terbatas pada biaya keseluruhan.

"Meski demikian, kebijakan itu telah menunjukkan komitmen Saudi memfasilitasi jamaah, pada saat semua biaya naik," ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement