Senin 01 Jul 2019 22:51 WIB

Jamaah Calon Haji Karawang Dibagi Enam Kloter

Kloter pertama akan diberangkatkan akhir pekan ini.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah haji Indonesia (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Jamaah haji Indonesia (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, KARAWANG -- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang, mencatat calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci pada 2019 mencapai 2.194 jamaah. Ribuan calon haji (calhaj) ini, tergabung dalam enam kelompok terbang (kloter). Bahkan, kloter pertama yang akan terbang ke Mekah, mulai berangkat Ahad (7/7) mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Karawang, H Sopyan, mengatakan, kloter pertama di Karawang ini, akan diberangkatkan akhir pekan ini. Pemberangkatan calhaj ini, akan dilakukan bertahap sampai 1 Agustus mendatang.

Baca Juga

"Pemberangkatan, mulai dari halaman pemkab, menuju Embarkasi Bekasi. Karena, pemberangkatannya tetap dari Bandara Soetta," ujar Sopyan, kepada sejumlah media, Senin (1/7).

Menurutnya, calhaj yang berangkat ke tanah suci tahun ini, merupakan warga yang telah mendaftar sejak tujuh tahun yang lalu. Saking panjangnya antrean haji ini, warga yang mendaftar pada 2012 silam, baru bisa berangkat tahun ini.

Terkait dengan kuota haji, pada tahun ini ada peningkatan, sebanyak 176 jamaah. Sebab, tahun lalu Karawang hanya mendapat kuota 2.000 jamaah. Selain itu, untuk teknis pemberangkatan tidak ada kendala sama sekali.

"Semuanya sehat. Namun, dari 2.194 calhaj ini, ada satu yang gagal berangkat. Yakni, warga Kecamatan Pedes, disebabkan meninggal dunia," ujar Sopyan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement