Rabu 02 Oct 2013 10:57 WIB

Calhaj Asal Jateng Meninggal Dunia di Makkah

 Kabah di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi, Selasa (23/10).  (Hassan Ammar/AP)
Kabah di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi, Selasa (23/10). (Hassan Ammar/AP)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jumlah calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Adi Soemarmo Surakarta, Jawa Tengah, yang wafat di Tanah Suci, bertambah satu orang lagi setelah sebelumnya emat orang.

Berdasarkan data yang diterima melalui sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Embarkasi Surakarta di Asrama Donohudan, Boyolali, Rabu, hingga pukul 09.00 WIB, menyebutkan bahwa seorang anggota jamaah Jateng yang wafat di Tanah Suci, yakni Suratman Catam bin Karto Wijaya (73), warga Dusun Mulyasari RT 01 RW 01 Ciklapa Kedungrejo, Kabupaten Cilacap.

Anggota jamaah yang tergabung kelompok terbang 29 tersebut diketahui wafat di Mekah Arab Saudi, Selasa (1/10) sekitar pukul 11.35 Waktu Arab Saudi akibat menderita sakit. Jenazahnya kemudian dimakamkan di tempat pemakaman umum Syarayi Mekah.

Menurut Ketua Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Surakarta, Badrussalam, setiap jamaah yang diinformasikan wafat di Tanah Suci, petugas PPIH setempat langsung memberitaukan kepada pihak keluarga haji yang bersangkutan.

Namun, petugas PPIH Embarkasi Surakarta baru dapat memberikan surat resmi ke daerah setelah menerima dari pusat.

Badrussalam menjelaskan, dengan bertambah seorang haji tersebut sehingga jumlah yang wafat di Tanah Suci menjadi lima orang. Karena, datang sebelumnya ada empat jamaah yakni Kimin Ahmad Sujak (76), warga Wanolelo RT 3/RW 1 Wonosobo, Nasir Sagrib (62), kloter 3 asal Kabupaten Tegal, Amin Dolah Nduri (61), kloter 6 (Magelang), dan Abdurohman Marhad (71) kloter 2 (Banyumas).

Menurut dia, jumlah calon haji yang sakit dirawat di Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Solo, masih ada tiga orang. Mereka yakni Sukati (57) tergabung kloter 40 asal Pati, Siti Khotimah (45) kloter 45 asal Rembang, dan Kumaidullah (54) kloter 51 asal Semarang.

"Ketiga calon haji itu harus menjalani perawatan intensif di RSU Dr. Moewardi. Namun, mereka dapat diberangkatkan dengan kloter selanjutnya setelah mendapatkan rekomendasi dari tim dokter yang merawat," katanya.

PPIH hingga kini, telah memberangkatkan calon haji ke Tanah Suci sebanyak 52 kloter dengan jumlah 19.414 jamaah. Rombongan kloter 51 asal Demak-Kota Semarang dan 52 Kota Semarang telah diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Selasa (1/10), masing masing pada pukul 17.27 WIB dan 23.31 WIB.

"Hari ini, dijadwalkan dua kloter, yakni 53 dan 54, keduanya asal Kota Semarang. Rombongan jamaah kloter 53 dijadwalkan diterbangkan ke Tanah Suci, pukul 12.35 WIB dan 54 pukul 20.55 WIB," kata Badrussalam.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement