Senin 07 Oct 2013 14:03 WIB

Muslim Singapura Rela Bayar Mahal Demi Haji

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Hafidz Muftisany
Muslim Singapura
Foto: humasbatam.com
Muslim Singapura

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Ada kecenderungan Muslim Singapura yang menunaikan ibadah haji usianya semakin muda. Bukan itu saja, mereka juga semakin kaya.

Seperti dilansir The Straits Times, Senin (7/10), Profesor Geopolitik Cedomir Nestorovic mengatakan hal tersebut berarti jamaah haji rela membayar biaya perjalanan haji yang lebih mahal. Beberapa jamaah haji bisa menghabiskan uang hingga 15 ribu dolar AS untuk perjalanan haji selama 30 hari.

"Hal pertama yang harus ditekankan adalah haji merupakan perjalanan spiritual. Bagi mereka yang beruntung bisa pergi, hal ini adalah perjalanan sekali seumur hidup," ujarnya.

Seorang jamaah haji Singapura menghabiskan rata-rata 13 ribu dolar AS untuk menunaikan ibadah selama 30 hari di Tanah Suci. Agen perjalanan yang dimintai keterangan oleh The Straits Times mengatakan, biaya tertinggi bisa mencapai 18 ribu dolar AS.

Biasanya paket perjalanan haji dimulai dari harga 10 ribu dolar AS perorang. Sebenarnya jumlah tersebut masih lebih murah dibandingkan jamaah haji dari Malaysia.

Biaya perjalanan jamaah haji Malaysia yang diatur oleh pemerintah berjumlah antara 15.300 hingga 19.200 dolar AS. Biaya tertinggi untuk paket perjalanan selama 16 hingga 20 hari bisa mencapai 56.800 dolar AS

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement