Selasa 26 Aug 2014 17:36 WIB

Seluruh Calon Haji Sumut Telah Jalani Vaksinasi

Calon jamaah haji mengantre untuk melakukan suntik vaksinasi.
Foto: Republika/Yasin Habibi/ca
Calon jamaah haji mengantre untuk melakukan suntik vaksinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Seluruh jamaah calon haji di Sumatra Utara yang berjumlah 6.588 orang telah menjalani penyuntikan vaksin meningitis, sehingga siap untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

Sekretaris Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Hasful Huznain, mengatakan, vaksinasi tersebut dilaksanakan di setiap kabupaten/kota yang memiliki jamaah calon haji (calhaj) tahun 2014.

Dalam rapat PPIH Embarkasi Medan yang terdiri dari berbagai organisasi pemerintah, Dinas Kesehatan Sumut melaporkan bahwa seluruh calhaj di provinsi itu telah menjalani vaksinasi.

“Dengan vaksinasi tersebut, diharapkan ketahanan fisik calhaj Sumut semakin kuat, dan tidak mudah mengalami serangan penyakit dari kondisi cuaca di Tanah Suci,” kata Hasful kepada Antara, Selasa (26/8).

Meski demikian, kondisi kesehatan seluruh calhaj yang akan memasuki Asrama Haji Medan akan diperiksa kembali melalui tim kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Pelabuhan Belawan yang bersiaga penuh.

Petugas kesehatan akan memeriksa "buku hijau" atau laporan kondisi kesehatan seluruh calhaj asal Sumut tersebut, guna memastikan telah menjalani vaksinasi. "Kalau ada calhaj yang belum menjalani vaksinasi, pasti akan ketahuan," ujar Hasful.

Selain memeriksa vaksinasi, tim kesehatan tersebut juga akan mengecek kondisi kesehatan akhir calhaj sebelum diterbangkan ke Tanah Suci. Begitu masuk (Asrama Haji Medan), mereka akan diperiksa satu per satu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement